Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016

https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564

Rifda El Fiah, Adi Putra Purbaya

Abstract


Guru Bimbingan dan Konseling memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat dan besar baik untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi peserta didik juga memberikan bimbingan belajar agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Bimbingan belajar adalah suatu proses pemberian bantuan kepada siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah belajar yang dihadapi  peserta didik, sehingga tujuan dari belajar akan tercapai imbingan belajar adalah suatu kegiatan bantuan belajar yang bertujuan agar peserta didik mendapat mencapai hasil belajar secara optimal. Hasil belajar peserta didik khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung ada yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Kondisi ini mengharuskan guru Bimbingan dan Konseling menerapkan bimbingan belajar agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat, sehingga rumusan masalah yang diajukan “Bagaimana penerapan bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016"?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan   apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yaitu metode observasi, interview   dan dokumentasi, sedangkan dalam pengolahan dan analisis data langkah yang digunakan yaitu reduksi data, display data yaitu proses pemilihan dan penyederhanaan data, display daya yaitu penyajian data secara utuh dan verifikasi data yaitu proses penarikan kesimpulan.


 

Kata kunci : Penerapan bimbingan belajar, hasil belajar

Keywords


bimbingan; belajar, hasil

Full Text:

PDF

References


Abu Bakar Braja, Psikologi dan Teknik Konseling, (Jakarta: Studia Press, 2004), cet. II.

Agus Suyanto, Bimbingan Kearah Belajar yang Sukses, (Jakarta : Bulan Bintang, 2001), cet ke vi.

Ahmadi dan Uhbiyanti, Cara Belajar yang Efektif, (Yogyakarta : PUBIB, 2008).

Anni Mulyani, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009).

Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif : Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).

Cholid Narbuko dan Abu Ahmad, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Bumi Aksara, 1997).

Dalyono, Psikologi Pendidikan, (Semarang: IKIP Semarang Press, 2007).

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2007).

Depdikbid, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2003 tentang Standar Pendidikan Nasional, (Jakarta: 2003).

Dewa Ketut Sukardi, Dasar-Dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, (Surabaya: Usaha Nasional, 2003), edisi revisi keempat.

______________, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000) .

Djumhur dan Mohammad Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, (Bandung: Ilmu, 2005), edisi revisi ketiga.

H.B. Sutopo, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Surakarta: Sebelas Maret University Press, 2002).

Hellen A, Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Ciputat Press, 2002), cet. 1

Imam Suprayogi dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial Agama, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003).

Imam Utama, Membangun Kebiasaan Belajar dalam Diri Siswa, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002).

Kartini Kartono, Bimbingan dan Dasar-dasar Pelaksanaannya, (Jakarta; Rajawali Bina Aksara, 2003).

______________, Pengantar Metodologi Riset Sosial, (Bandung: Alumni Madar Maju, Cetakan IV, 2006).

Koenjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, Cet. ke 4, 2003).

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002).

Moh. Surya, Bimbingan Belajar Sukses, (Surabaya : Bina Ilmu, 1998).

Muhammad Fariska, Kualitas Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003).

Muhammad Umar dan Sartono, Bimbingan dan Penyuluhan, (Bandung: Pustaka Setia, 2008).

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2005).

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).

______________, Tuntunan Menyusw Karya Ilmiah, (Jakarta: Sinar Baru, 2007), Edisi Revis ketiga.

Nawawi Nurdin, Urgensitas Evaluasi Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Press, 2002).

Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001).

Prayitno, dkk., Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Depdiknas, 2003).

Rohman Ali. Bimbingan Konseling : Telaah Fungsi dan Peran), (Jakarta: Media Amanah, 2007), edisi Revisi kedua.

S. Nasution, Metode Research : Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), Cet kesebelas.

______________, Metodologi Penelitian Dasar, (Jakarta: Bulan Bintang, 1994).

Sardiman AM., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004).

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, (Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM., 1986), Jilid I.

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).

Syamsu Yusuf LN, A. Juntika Nurihsan, Landasan Bimbingan dan Konseling, (Bandung: Rosda Karya, Cet. I, 2005).

Tim Sinar Grafika, Himpunan Perundang-undangan Rl Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). (Jakarta : Sinar Grafika, 2003).

Winarno Surahmad, Dasar dan Tehnik Research, (Bandung: Tarsito, 2001), cet. III.

WS. Winkel, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, (Jakarta: Gramedia, 2002), cet. Ke-4.

Yusuf Gunawan, Pengantar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Gloria Indonesia, 2001).




DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564

Article Metrics

Abstract views : 614 | PDF downloads : 1144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Konseli : Jurnal Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.