Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir dalam Meningkatkan Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Kelas XII di SMA Yadika Natar

https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.566

Defriyanto Defriyanto, Neti Purnamasari

Abstract


Kematangan karir peserta didik yang sangat rendah menjadi persoalan dalam dunia pendidikan terlihat dari peserta didik yang masih ragu terhadap karir masa depan dalam menentukan masa depan yang sesuai dengan dirinya. permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah upaya bimbingan karir dalam meningkatkan kematangan Karir Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi dapat ditingkatkan setelah melakukan konseling kelompok”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kematangan karir dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompopada Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Kotabumi. Jenis peneltian adalah penelitian kuantitatif dengan metode menggunakan Design One Group Pretest –Posttest. sampel yang digunakan penelitian ini adalah sebanyak 10 peserta didik dari kelas X Madrsah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lmpung Utara hasil dari skor tertinggi penyebaran angket kematangan karir sebanyak 25 item. Angket yang digunakan sebagai Pretest Dan Posttest. Hasil rata-rata skor Kematangan Karir sebelum mengikuti adalah  47,2 dan setelah mengikuti konseling meningkat menjadi 73,3. dari hasil uji t dengan (df)=9 taraf signifikan 0,05 sebesar 2,262. Karena nilai thitung ≥t tabel (4,063 ≥ 2,262) , maka Ho di tolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh layanan informasi karir dalam maningkatkan kematangan karir  efektif untuk meningkatkan kematangan karir pada peserta didik di madrasah aliyah qudsiyah Kotabumi lampung utara. saran yang di ajukan peneliti yaitu kepada guru bimbingan dan konseling agar dapat melaksanakan pelayanan  bimbingan dan konseling dengan menyertakan layanan informasi pada peserta didik.

 


Keywords


Layanan; Informasi; Karir; Kematangan

Full Text:

PDF

References


ABKIN. 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal: Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Anoraga, Pandji. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori. 2011. Hubungan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar. Skripsi tidak diterbitkan. UMM.

Azwar, Saifuddin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dastramita, Abas dkk. 1994. Bimbingan Karir. Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gani, R.A. 1996. Bimbingan Karir. Bandung: Angkasa.

Japar, M. 1998. Pemahaman Individu I. Magelang: FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang.

Junardi, dkk. 1990. Bimbingan Konseling Sekolah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Hendrarno, dkk. 2003. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Hurlock, E.1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

-------------. 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Grafindo.

http://konselingpendidikan.blogspot.com/17/03/2012/efektifitas-bimbingan- pribadi.htmlefektifitas. [di akses tanggal 3 Juli 2013].

Munandir. 1996. Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Nasir, Mohammad. 1997. Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.

Nurihsan, A.H. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Nasution, S. 2003. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prayitno & Erman Amti. 1999. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosyadah rani, 2010, Meningkatkan Minat Karier Melalui Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Skripsi Tidak diterbitkan. UNSRI

Ruslan, A. Gani. 1993. Bimbingan Karier. Bandung Angkasa.

Savina, Sinta Ekawati. 2012. Pengaruh Terapi Kontrol Diri Terhadap Self- Regulation Anak Putus Sekolah. Skripsi tidak diterbitkan. UMM.

Slameto. 1991. Perspektif Bimbingan Konseling dan Penerapannya diberbagai Institusi. Semarang: Satya Wacana.

Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanti, Nuri. 2012. Upaya Meningkat Minat Membaca pada Buku Pelajaran Melalui Bimbingan Konseling Pribadi pada Siswa Kelas VIII D SMP N 7 Semarang. Kumpulan Skipris. UNSRI

Syach, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

----------------. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Yusuf, S. dan J. Nurihsan. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

---------------------. 2012. Efektifitas Bimbingan Pribadi.




DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.566

Article Metrics

Abstract views : 653 | PDF downloads : 4642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Konseli : Jurnal Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.