Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling untuk Mengatasi Perilaku Agresif pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 07 Bandar Lampung

Rika Damayanti, Tri Aeni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan perilaku agresif peserta didik dengan konseling perilaku dengan teknik pemodelan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode desain pretest-postes satu kelompok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 siswa dengan melihat kriteria perilaku agresif peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada penurunan perilaku agresif setelah mengikuti konseling perilaku dengan teknik pemodelan .


Keywords


Effectiveness; Counseling; Behavioral; Technique; Modeling

Full Text:

PDF

References


Aqib Zainal, 2012. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah,Bandung: Yrama Widya

Arikunto Suharsimi, 1985.Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Bimo Walgito, 2003. Psikologi Sosial, Yogyakarta: C.V Andi.

Kadek Wilandatika Pigura,“Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Menimilisir perilaku agresif siswa kelas XI bahasa SMA Negeri 2 Singaraja”.(Skripsi Bimbingan Konseling Universitas pendidikan Ganesha Singaraja, Singaraja.

Indriyati Laili, 2007.Keefektifan Pendekatan Konseling Behavioristik dengan Teknik Bermain Peran untuk Mengurangi Perilaku Agresif pada Siswa Kelas XI SMA Purusatama Semarang Tahun 2006/2007.(Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Komalasari Gantina, dkk 2011. Teori dan teknik konseling, jakarta: indeks.

Kursin, 2004/2005. keefektifan layanan konseling kelompok dalam mengurangi perilaku agresif siswa panti pamardi putra mandiri semarang, skripsi, jurusan bimbingan dan konseling FIP.UNNES.

Muslimah Azizah, D. 2013. Mengurangi Perilaku Agresif Melalui Layanan Klasikal Menggunakan Teknik Sosiodrama. Tegal, (Skripsi Program Studi Bimbingan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan UNS.

Nashori Fuad, 2008. Psikologi Sosial Islami, Bandung: PT Refika aditama.

Prayitno, 2008.Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

Nashori Fuad, 2008. Psikologi Sosial Islami,Bandung: PT Refika aditama,

Rochayatun D. A, 2015. “ Teknik Modeling Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMAN 3 Yogyakarta”. (skripsi fakultas dakwah dan komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,Yogyakarta.

Rosita Yuni, 2008. Pelaksanaan Konseling Behavioral dalam Mengatasi Phobia Kucing Seorang Klien Dirasamala 2 Menteng, Jakarta Selatan.( skripsi. Jurusan bimbingan konseling dan penyuluhan Islam Fakultas Dakwah, Jakarta.

Sukardi Dewa Ketut, 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di sekolah, Jakarta: Rineka cipta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfa Beta

Syamsu Yusuf & Juntika Nurikhsan, 2013. Teori Kepribadian, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sarlito, W. S. Eko. A. M. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.

Shelley e. Taylor. Dkk, 2009. Psikologi Sosial, Jakarta: Kencana.

Sukardi, 2009 Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara

Thrisia Febrianti, 2014. “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresif siswa kelas VII di SMPN 3 kota Bengkulu”. ( Skripsi Program Studi Bimbingandan Konseling Universitas Bengkulu, bengkulu.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/kons.v3i1.572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Rika Damayanti, Tri Aeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

live draw sgp