APLIKASI LOGIKA FUZZY DALAM TEORI PERMAINAN UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus : Persaingan Alfamart dan Indomaret)

Dian Anggraini, Mujib Mujib, Nugraha Wisnu Putra

Abstract


Banyaknya jumlah minimarket di kota Bandar Lampung, mengakibatkan persaingan yang semakin meningkat. Oleh karena itu, manajer minimarket sebagai pengambil keputusan, harus menentukan strategi yang tepat untuk menarik pelanggan agar mendapatkan hasil yang optimal. Teori fuzzy digunakan untuk mewakili penilaian responden yang bersifat subjektif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui apa yang mempengaruhi konsumen dalam memilih minimarket sebagai tempat untuk berbelanja sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi untuk minimarket. Hasil defuzzyfikasi merupakan masukan pada matriks pay-off permainan. Teori permainan difokuskan pada analisis keputusan yang bertujuan untuk memenangkan persaingan.

 


Keywords


Fuzzy; Permainan; Teori

References


Aminudin. (2005). Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga.

Dian Anggraini, & Wijaya, Y. (2016). Obligasi Bencana Alam dengan Suku Bunga Stokastik dan Pendekatan Campuran. Al-Jabar, 7(1), 80–96.

Imrona, M. (2013). Aljabar Linear Dasar. Jakarta: Erlangga.

Kusumadewi, S. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy untuk mendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pangestu, S. (1991). Dasar-dasar Operations Research. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Purba, R. A. (2015). Aplikasi Teori Permainan Fuzzy dalam menentukan strategi pemasaran optimal. Sumatera Utara: Program Sarjana Matematika Univeristas Sumatra Utara.

Sembiring, S. U. (2012). Aplikasi Fuzzy Game Theory Dalam Strategi Marketing. Medan: Skripsi Program Studi Matematika Universitas Sumatra Utara.

Tjiptono, F. (1995). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.