ANALISIS PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SLB DAN PESERTA DIDIK TUNARUNGU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI BANDAR LAMPUNG

Khumairoh Khumairoh, Mujib Mujib, Dona Dinda Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan sikap positif komunikasi interpersonal yang dilakukan guru SLB dan peserta didik tunarungu dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling, penelitian ini dilakukan di kelas VIII tunarungu SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung dengan subjek berjumlah 2 orang berdasarkan peserta didik yang mendapat nilai ulangan harian tertinggi dan terendah dan pertimbangan guru kelas.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan tringulasi waktu yang didasarkan ketika hasil dokumentasi berupa foto dan video berbeda maka akan dilakukan secara berulang sehingga ditemukan kepastian data. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik yang memiliki gangguan pendengaran ringan dapat menjalin komunikasi interpersonal yang efektif. Hal ini terlihat saat peserta didik menerima dan memahami materi serta memberi umpan balik dengan baik dan benar saat menjawab pertanyaan dari guru. Sedangkan peserta didik yang memiliki gangguan pendengaran berat mengalami kesulitan saat menjalin komunikasi interpersonal. Hal ini terlihat saat peserta didik kurang tepat dalam menerima dan memahami materi, serta memberi umpan balik dari guru. Selain proses komunikasi interpersonal yang baik, guru dan peserta didik juga memiliki sikap positif yang mendukung komunikasi interpersonal. Adapun sikap positif yang dimiliki yaitu sikap keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan antara satu sama lain.

Keywords


Interpersonal; Komunikasi; Matematika; Pembelajaran; Tunarungu

References


Askoni. (2016, September 29). Wawancara Pembelajaran Matematika di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung. (Khumairoh, Pewawancara)

Bunga Indah Pratiwi, M. T. (2016, Oktober 15). Analisis Proses Komunikasi Interpersonal Guru SLB dan Siswa Tunarungu dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus. Diambil kembali dari http://openlibrary.telkomuniv

Burhanudin, J. (2016, September 30 ). Studi Kinerja Pegawai Layanan Sirkulasi dan Referens di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diambil kembali dari http://flib.ui.id-digital-studi-kinerja-metodologi

Cangara, H. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Darsono Wisadirana, R. S. (2017, Januari 9 ). Strategi Komunikasi Guru dalam Mengasah Kemampuan Komunikasi pada Murid Tunarung. Diambil kembali dari http://ub.ac.id

Effendi, M. (2005). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Effendy, O. U. (2003). Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fakhruddian, B. C. (2017, Januari 6 ). Kesiapan Belajar Siswa Tunarungu yang Menempuh Pendidikan Inklusi. Diambil kembali dari http://jurnal.uad.ac.id

Firdausi, A. (2016, Oktober 15 ). Tingkat Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang. Diambil kembali dari http://lib.unnes.ac.id

Fitra, A. (2017, Februari 9 ). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Diambil kembali dari http://ocs.usu.id

Haryani, D. (2016, Desember 26 ). Pelaksanaan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan Guru di SMK Muhammadiyah Karangmojo. Diambil kembali dari http://uny.ac.id

IG.A.K.Wardani. (2011). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Lanani, K. (2017, Januari 11 ). Belajar Berkomunikasi dan Komunikasi untuk Belajar dalam Pembelajaran Matematika. Diambil kembali dari http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muhammad, A. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyadi. (2016, Oktober 15 ). Pembelajaran Matematika di Sekolah Luar Biasa (SLB) Khusus Tunarungu Karnnamanohara Yogyakarta Tingkat SMP. Diambil kembali dari http://eprints.uny.ac.id

Nurhidayah, L. (2016, Desember 25 ). Proses Komunikasi Interpersonal Produser dalam Program Sentuhan Qolbu di TVRI Stadion D.I Yogyakarta. Diambil kembali dari http:/digilib./uin.suka.ac.id

Pontoh, W. P. (2016, Desember 1 ). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. Diambil kembali dari http://unsrat.ac.id

Purnamaningsih, S. S. (2017, Januari 6 ). Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa. Diambil kembali dari http://jurnal.ugm.ac.id

Puspitasari, W. (2017, Februari 9 ). Peran Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa Tunarungu dalam Memberikan Pendidikan Seksual di SLB Untung Tuah Kota Samarinda. Diambil kembali dari http://fisip-unmul.ac.id

Putri, H. K. (2016, Desember 27 ). Studi Kasus Pelaksanaan Pembelajaran Matematika bagi Anak Tunarungu di Sekolah Inklusi SD Negeri 1 Jambidan Bantul Yogyakarta. Diambil kembali dari http://uny.ac.id

Respati, A. R. (2016, Oktober 15 ). Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama pada Siswa Kelas XI Matematika dan Sains 2 di SMA Negeri Muntilan. Diambil kembali dari http://lib.unnes.ac.id

Rozaq, F. (2016, November 27 ). Hubungan Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Siswa dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 4 Klaten

Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Diambil kembali dari http://uny.ac.id

Safitri, W. E. (2016, Desember 20). Peran Komunikasi di dalam Keluarga dan di Sekolah terhadap Kemampuan Berbahasa Lampung (Studi pada Siswa-Siswi SD Negeri 1 Wana, SD Negeri 3 Wana dan SMP Negeri 1 Melinting Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur. Diambil kembali dari http://digilib.unila.ac.id

Sari, D. P. (2016, Oktober 15 ). Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Idayu – Pakis. Diambil kembali dari http://umm.ac.id

Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AlfaBeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Supriadi, N., & Damayanti, R. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Al-Jabar, 7(1), 1–14.

Supriyadi, A. (2016, September 27 ). Media Pembelajaran Sistem Komunikasi Tunarungu Menggunakan Macromedia Flash 8. Diambil kembali dari http://jurnal.stmikelrahma. ac.id

Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yulanda Trisula Sidarta Yohanes, D. D. (2017, Januari 9 ). Komunikasi Interpersonal Konselor Women Crisis Center Rumah Perempuan Pasuruan pada Remaja Perempuan Korban Pasca Kekerasan. Diambil kembali dari http://ijws.ub.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.