Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Muhammad Habib Ramadhani, Caswita Caswita

Abstract


Kemampuan berpikir berpikir kreatif sangat diperlukan dalam kehidupan ini. Persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Sementara itu, kerjasama dan fleksibilitas dalam menghadapi pekerjaan tetap diperlukan. Kondisi tersebut merupakan tantangan dunia pendidikan sekaligus kewajiban guru untuk menghadapi generasi masa depan. Pendidik perlu membuka kesadarannya bahwa pendidikan bukan sekedar menyampaikan materi, melainkan untuk membangun kemampuan kreatif. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif perlu dilakukan karena berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang dikehendaki di dunia kerja. Kemampuan berpikir kreatif juga berpengaruh terhadap keunggulan suatu bangsa. Daya kompetitif suatu bangsa sangat ditentukan oleh kreativitas sumber daya manusianya. Pembelajaran matematika perlu dirancang dengan baik agar berpotensi mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Salah satu pembelajaran matematika yang dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah pendidikan matematika realistik (PMR). Pembelajaran matematika realistik atau Realistic Mathematic Education adalah pembelajaran yang berorientasi pada pengalaman kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang pembelajaran matematika realistik, serta hubungannya dengan pengembangan kreativitas siswa.

 

Kata Kunci: Berpikir; Kreatif; RME


Keywords


Berpikir; Kreatif; RME

References


Arrifadah, Yuni (2004). Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Luas dan Keliling di Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Pascasarjana UNESA Surabaya.

De Bono, Edward. (2007). Revolusi Berpikir Edward De Bono: Belajar Berpikir Canggih dan Kreatif Dalam Memecahkan Masalah dan Memantik Ide-Ide Baru/Edward De Bone. Diterjemahkan oleh: Ida Sitompul dan Fahmi Yamani. Bandung: Kaifa

Diba, F. dkk. (2009). Pengembangan Materi Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Pendidikan MAtematika Realistik untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM). Vol 3, No 1. Palembang: PPs Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

Gravemeijer, K (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Ultrech: Freudenthal institute

Haerudin. (2011). Penerapan Metode SAVI Dengan Pendekatan Induktif dan Peningkatan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1 tahun 2011: 287- 291.

Hazrul Iswadi. (2016). Hasil PISA 2015 Yang Baru Dirilis. http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Overview-of-the-PISA-2015-results-that-have-just-been-Released.html diakses pada tanggal 23 April 2007

Holisin, Lis. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 3, Hal 1 -68, Surabaya: FKIP UMSurabaya http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/166/159

Johnson, Johnson. (2013). The Way of Thinking: Tingkatkan Cara Berpikir agar Lebih Kreatif, Rasional, dan Kritis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Kartini. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1 tahun 2011: 145- 153.

Mulyana, dkk. (2015). Makalah Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended Setting Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Tersedia di http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/ProsidingPendidikanMatematikaPascaUM2016.pdf

Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Nasution, Eline Yanty Putri. (2013). Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 107-116.

Ningsih, Seri. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM). Vol. 01, No. 2, Hal 73-94. Banjarmasin: IAIN Antasari

Noor, Sri Hastuti. (2011). Makalah Peningkatan Berpikir Kritis Matematika. Tersedia di https://semnaspendmipa.files.wordpress.com/2012/02/prosiding-seminar-nasional-pendidikan-mipa-2011.pdf diakses pada tanggal 23 April 2017

Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa KeIslaman Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Al-Jabar, 7(2), 105–116.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.