EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) STAD DAN JIGSAW PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 SELOMERTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Arie Purwa Kusuma

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Model yang dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I, VIII C sebagai kelas eksperimen II dan VIII A sebagai kelas kontrol .Tekhnik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan menggunakan uji analisis variani satu jalan sel tak sama. Setelah ketiga uji tersebut terpenuhi, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji analisis variani satu jalan sel tak sama. Hasil dari penelitian ini adalah Model pembelajaran STAD dan Model pembelajaran Jigsaw memberikan hasil belajar matematika yang sama baik, model  pembelajaran STAD dan model pembelajaran Jigsaw memberikan hasil belajar yang lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional.

Keywords


Eksperimen, STAD, Jigsaw, Konvensional; Hasil; Belajar

References


Djamarah, S. B. & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. (2013). Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3DDI Tinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar, 6(2), 53–66. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/43

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning “Teori dan Aplikasi PAIKEM”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tarim, K. (2009). The Effects of Cooperative Learning on Preschoolers’ Mathematics Problem-Solving Ability. Educ. Stud. Math. 7(2): 325–340.

Zulkardi Misdalina dan Purwoko. (2009). Pengembangan Materi Integral untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika:3(1):61-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.