ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Ana Istiani, Hidayatulloh Hidayatulloh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa soal-soal tentang luas bangun ruang sisi datar.  (2) faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal tentang luas bangun ruang sisi datar. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Sukoharjo.  Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif.  Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi yaitu dengan membandingkan data hasil tes dan data hasil wawancara sedangkan data hasil observasi digunakan sebagai penguat pada hasil analisis. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa ada 4 yaitu (1) kesalahan dalam menerima informasi (2) kesalahan yang berhubungan dengan konsep (3) kesalahan dalam menghitung (4) kesalahan yang berhubungan dengan materi prasyarat.

Keywords


analisis; kesalahan, bangun, ruang; sisi; datar; luas; volume

References


Blanco, & Lorenzo, J. (2006). Errors in Teaching/Learning of The Basic Concept of Geometry.

Martini Jamaris. (2014). kesulitan belajar. Bogor: Ghalia.

Mulyono, A. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nana , S. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Pemecahkan Masalah Matematis Menurut Teori Polya. Al-Jabar, 7(2), 75–88.Soejadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Syaiful, D. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yunia, M. A. (2004). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa Belajar Geometri dengan Pengajaran Remidial Kelompok dan Remedial Bersama di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.