MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Andri Sattriawan, Sugeng Sutiarso

Abstract


Krisis moral yang melanda berbagai negara belakangan ini bukan hanya terjadi dikalangan non terpelajar, tetapi juga melanda kalangan terpelajar. Banyaknya fenomena dan kasus merosotnya moral anak bangsa diberbagai negara yang disuguhkan di media cetak maupun elektronik menunjukkan gagalnya dunia pendidikan dalam mencetak generasi penerus bangsa. Penanaman karakter religius dalam pembelajaran menjadi salah satu solusi dari permasalahan merosotnya moral anak bangsa. Hakikat pendidikan karakter religius yaitu bagaimana menanamkan nilai-nilai religius ataupun kebiasaan tentang hal-hal yang baik dalam materi pembelajaran untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selama ini pembelajaran hanya sebatas pemahaman kognitif saja, belum memberikan pembelajaran yang bernilai. Begitu pula dengan pembelajaran matematika, peran matematika selama ini hanya sebatas pemahaman siswa terhadap konsep perhitungan dan konsep berfikir matematis.  Untuk mengembangkan karakter religius dalam pembelajaran matematika, terlebih dahulu kita harus mengungkap makna dari simbol-simbol dalam matematika. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa model dalam pembelajaran matematika yang dapat membangun karakter religius siswa.

Keywords


Karakter; religious; pembelajaran; matematika

References


Kusno. (2012, April 21). Pendidikan Karakter Religiusitas Berbasis Sains Matematika Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Retrieved from digilib.ump: http://digilib.ump.ac.id/download.php?id=3444

Mulyasa. (2011). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada sekolah dan madrasah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian Cetaakan Ke-5. Jakarta: Ghalia .

Rukiyati. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter Holistik Komprehensif di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 2.

Sudarsono, S. (2008). Karakter Mengantar Bangsa:dari Gelap menuju Terang. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suderadjat, H. (2011). Pendidikan Akhlak Mulia (Reorganisasi PAI Berbasis Kompetensi Beertema Ibadah). Bandung: Sekar Gambir Asri.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. . (2003). Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Wahyudin. (2011.). Membangun Karakter melalui Pendidikan Matematika yang Berkualitas. Makalah Seminar Nasional Matematika VIII Himatika UNP. Padang : UNP.

Yusnita, I., & Masykur, R. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach Dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar, 7(1), 41–54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.