KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Ayu Devita Sari, Sri Hastuti Noer

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari karena keberadaannya dapat membantu manusia untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu peran dan tugas pendidik  dalam rangka memaksimalkan kesempatan belajar siswa adalah agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal tersebut dilakukan agar siswa bisa menyelesaikan permasalahan didalam kehidupannya. Untuk itu, pendidik dalam prosesnya perlu mempertimbangkan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk mencapai kemampuan tersebut, yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving  (CPS). Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) adalah suatu model pembelajaran yang memusatkan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan kreatifitas. Noller (Isaksen, Dorval, & Treffinger, 2011: 26) mengemukakan bahwa “Creative Problem Solving or CPS is a process, a method, a system for approaching a problem in a imaginatif way resulting in effective action”. Hal ini berarti bahwa CPS adalah sebuah proses, sebuah metode, sebuah sistem pendekatan masalah dengan cara yang imajinatif untuk menghasilkan solusi melalui tindakan yang efektif. Untuk lebih lanjut, artikel ini akan mengkaji apa itu Creative Problem Solving  (CPS) dan hubungannya dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika.

Keywords


Creative; problem; solving; kemampuan; pemecahan; masalah; matematis

References


Apino, Ezi. (2016). Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Creative Problem Solving. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Depdiknas. (2006). PermendiknasNomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pen¬didikan dan Nasional.

Huda, Miftahul. (2013). Model – model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajaran Offset.

Irawan Sutiawan, Poppy Yaniawati, Uus Toharudin. (2014). Penggunaan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika.

Karen,Pepkin (2003).Creative Problem Solving In Math. Diakses dari http://www.uh.edu/16-01-2009/html. pada 25 April 2017.

Purwati. (2015). Efektivitas pendekatan Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SMA. Madiun : Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta :Ar-ruzz media.

Suherman. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar, 6(1), 86–100. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/57

Sutikno, Sobry. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. :Mataram : Holistica.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.