EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TPS, TTW DAN NHT PADA MATERI GARIS DAN SUDUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nurina Kurniasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah model pembelajaran TPS memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran TTW dan NHT pada materi kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP N 23 Purworejo Kabupaten Purworejo, yang berjumlah 854 siswa. Sampel penelitian berjumlah 92 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Satu Jalan dengan Sel tak Sama. Uji analisis variansi memberikan hasil bahwa model pembelajaran TPS memberikan prestasi belajar matematika yang sama baik dengan model pembelajaran TTW, model pembelajaran TTW memberikan prestasi belajar matematika yang sama baik dengan model pembelajaran NHT, dan model pembelajaran TPS memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran NHT pada materi kubus dan balok.

 


Keywords


Belajar; Prestasi; NHT; TPS; TTW

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Budiyono. (2013). Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huinker, D. &. (1996). Talk Your Way Into Writing. Dalam Communication in Mathematics K-12 and Beyond. The National Counsil of Teacher of Mathematics.

Ibrahim, N. S. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Widyawati, S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Institut Agama Islam Maarif Nahdatul Ulama (IAIM NU) Metro. Al-Jabar, 7(1), 144–153.

Zakaria, E. d. (2007). Promoting Cooperative learning In Science And mathematics Education: An Malaysian Perspektive. Eurasia Journal Of mathematics Science and technology Education, 35 – 39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.