ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIANRATIONAL DAN ARTISAN

Uswatun Hasanah, Rizki Wahyu Yunian Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses berpikir kreatif siswa Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses berpikir kreatif dari tipe kepribadian Rational. (a)  Pada tahap persiapan subjek cenderung lebih cepat dalam memahami soal,  dapat mengungkapkan informasi yang didapatkannya baik secara lisan maupun secara tulisan, (2) pada tahap inkubasi subjek berhenti sejenak untuk mengendapkan pikirannya sehingga dapat memunculkan ide-ide baru, bahkan sudah dapat memikirkan alternatif lain namun masih bersifat abstrak, (c) pada tahap iluminasi subjek dapat menemukan  ide dan membangun gagasan baru sehingga dapat mengembangkan ide dan  pikirannya  dengan cara-cara yang tidak hanya terpaku pada cara yang pernah diajarkan saja. (d) Pada tahap verifikasi subjek cenderung teliti karena berhasil mengevaluasi solusi dengan cara memeriksa kembali hasil jawaban yang telah diperolehnya. (2) Proses berpikir kreatif dari tipe kepribadian Artisan. (a) Pada tahap persiapan subjek cenderung  lama dalam memperoleh informasi, membaca soal secara berulang-ulang untuk memahami soal yang disajikan, subjek kurang bisa menyajikan informasi yang didapatkannya dengan tulisan dan hanya dapat menyajikan informasi secara lisan, serta menjelaskan dengan menggunakan alasan yang kurang logis. (b) Pada tahap inkubasi subjek berhenti sejenak untukmengendapkan pikirannya karena subjek lebih cepat merasa bosan dengan suasana yang menuntutnya terlalu fokus, (c) pada tahap iluminasi subjek dapat membangun solusi masalah dengan benar namun tidak bisa mengembangkan ide dan gagasannya sehingga tidak bisa menerapkan cara lain yang dimaksud pada soal dan (d) pada tahap verifikasi subjek cenderung kurang teliti karena tidak dapat mengevaluasi solusi yang didapatkannya.


Keywords


Berpikir Kreatif, Tipe Kepribadian, Teori Wallas

References


Aziz, A.(2014). Proses berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian dimensi myer- briggs siswa kelas SMP VIII MTS suralaga Lombok timur tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal ISSN: 2339- 1685 UNS

Chotimah, E.(2017) Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Intensitas Penggunaan Internet. Jakarta: UIN Syarif Hidayatulah.

Daswa. (2013). Penerapan Model Sinektik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah”. (Tesis mathematics Bandung: Repository UPI, 2013), h. 1.

Dennis K. Filsaime, Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2008), 17-18. Dikutip oleh Miftakhul

jannah, “Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Peluang Berdasarkan Tipe Kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)”. (Skripsi, Februari 2016).

Dewiyani, S. (2009). Karakteristik Proses Berpikir Siswa Dalam Mempelajari Matematika Berbasis Tipe Kepribadian”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendididkan Dan Penerapan MIPA, Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Djamarah, S. B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Donald J. Treffinger And Scott G. Isaksen, “Creative Problem Solving: The History, Development, And Implications For Gifted Education And Talen,” 2017. Http://Gcq.Sagepub.Com/Cgi/Content/Abstract/49/4/342

Hidayatulloh dan Budi Usodo dkk, (2010). Proses berpikir kreatif siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian siswa. Jurnal Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hudojo,H (1998) .Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Isnaeni, Umi Machromah.dkk. (2015). analisis proses dan tingkat berpikir kreatif siswa smp dalam pemecahan masalah bentuk soal cerita materi lingkaran ditinjau dari kecemasan matematika”. Jurnal elektronik pembelajaran matematika vol.3, No.6, Agustus 2015. ISSN: 2339-1685.

Jannah,M. (2016). Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Peluang Berdasarkan Tipe Kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Keirsey, David dan Bates, Marilyn. “ Please Understand Me” ( California: Promotheus Nemesis Book Company, 1985), di kutip dari

Aries Yuwono, “Profil Si swa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian”. (Tesis mathematic, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2010)

Nurhartiningrum, E. S. (2014) Profil Berpikir Mahasiswa Calon Guru Dengan Gaya Belajar Visual Dalam Mengajukan Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Empirik” Jurnal edumathe, edisi 1.

Septiadi, D.D. (2014) Proses Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent”, (Tesis, Surabaya: UNESA).

Yuwono, A. (2010). Profil Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian”.Jurnal Matematika, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.