PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Oking Leonata Yusuf, Sugeng Sutiarso

Abstract


Problem solving adalah bagian dari proses berpikir.Berpikir dalam memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu yang baru adalah kegiatan yang kompleks dan berhubungan erat satu dengan yang lain. Suatu masalah umumnya tidak dapat dipecahkan tanpa berpikir, dan banyak masalah memerlukan pemecahan yang baru bagi setiap individu atau kelompok. Pada proses pembelajaran terutama mata pelajaran matematika, guru perlu memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pemikirannya sendiri. Siswa tidak hanya sekedar menerima informasi yang disampaikan guru, melainkan bagaimana cara siswa tersebut memperoleh informasi lain. Sehingga, siswa dapat memaksimalkan cara berpikirnya untuk mendapatkan penyelesaian permasalahan yang baik. Problem Solving dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang sulit, sehingga diharapkan siswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Ada empat langkah proses pemecahan masalah. Adapun langkah tersebut yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Langkah tersebut dapat mendorong siswa untuk berpikir secara ilmiah, praktis, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap objektif, jujur dan terbuka. Pada artikel ini akan disampaikan mengenai pemecahan masalah dalam matematika, kelebihan dan kelemahan, dan hasil temuan penelitian yang berkaitan dengan pemecahan masalah.


Keywords


Matematika; Problem Solving

References


Bey, A., & Asriani. (2013). Dipetik April 3, 2017, dari Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. : http://118.97.35.230/lemlit/jtt/219.pdf

Hadi, S. d. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Sis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.