MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Yulianto Yulianto, Sugeng Sutiarso

Abstract


 

Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk dikembangkan. Kemampuan komunikasi matematik merupakan kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahui melalui peristiwa dialog. Pesan yang dialihkan dalam dialog berisi tentang materi matematika yang dipelajari siswa, misalnya berupa konsep, rumus, atau strategi penyelesaian suatu masalah. Peranan komunikasi dalam matematika sangat besar, karena saat para siswa mengkomunikasikan ide, gagasan ataupun konsep matematika, mereka belajar mengklarifikasi, memperhalus dan menyatukan pemikiran. Kemampuan pemecahan masalah matematik merupakan suatu usaha mencari penyelesaian dari kesulitan yang memerlukan kreativitas, pengertian dan pemikiran. Kemampuan pemecahan masalah memerlukan keterampilan pemahaman konsep. Keterampilan-keterampilan tersebut digolongkan berdasarkan tingkat kompleksitasnya dari paling sederhana sampai pada tingkat yang paling kompleks. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematik. Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah dapat dikembangkan secara bersama dalam proses pembelajaran. Melatih siswa supaya  mempunyai kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematik  dapat diupayakan dengan membimbing siswa dengan menyelidiki suatu masalah, menuliskan masalah, memberi keterangan (notasi) ataupun dugaan-dugaan (hipotesis) untuk menjelaskan observasi-observasi dalam matematika.



Keywords


Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah

References


Allahabad. (2011). Situation-Based Learning to Improve Students’ Mathematical Creative Problem Solving Ability. Journal of mathematical Education Volume 12, Number 2, 2014, Pages 119-131[online] http://pphmj.com/journals/fjme.htm. (10 Desember 2016)

Izzati, N dan Suryadi, D. (2009). Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. [online]. http://bundaiza.files.wordpress.com/2012/12/ komunikasi_matematik_dan_pmr-prosiding.pdf.[22 Desember 2016]

Jazuli, Akhmad. 2009. Berfikir Kreatif dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Makalah disampaikan dalam seminar nasional, pada tanggal 5 Desember 2009, di Yogyakarta.

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standards for Scool Mathematics. [online] http:// www.nctm.org /standards/content.aspx? id (6 Desember 2016).

Polya, G. (1985). How to Solve It. USA: Princeton University Press. [ on line ] http://www.ebooksclub. org. (6 Desember 2016)

Priatna, N., (2012) Mengembangkan Penalaran dan Kemampuan Memecahkan Masalah melalui Strategi Daya Matematik di Sekolah. Pidato pengukuhan Universitas PendidikanIndonesia (Written by:humasWritten on: April 26, 2012 )

Savic, Milos. (2016). Mathematical Problem-Solving via Wallas’ Four Stages of Creativity: Implications for the Undergraduate Classroom.

The Mathematics Enthusiast, ISSN 1551‐3440 vol. 13, no.3, pp. 255 – 278 2016©The Author(s) & Dept. of Mathematical Sciences‐The University of Montana.

Ruseffendi, H. E. T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sumarmo, Utari 2014. Pengembangan Hard Skill Dan Soft Skill Matematika Bagi Guru Dan Siswa Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. makalah pada seminar program pascasarjana Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Tahun 2014. Bandung

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Voskoglou, Michael (2013). Recent Research Advances In Problem-Solving. International Journal of Mathematics, Game Theory and Algebra ISSN: 1060-9881 Volume 21, Number 2/3 © Nova Science Publishers, Inc. Graduate Technological Educational Institute (T. E. I.), School of Technological Applications, Patras, Greece.

Xenofontos, C. Andrews, P. (2013). Defining Mathematical Problems And Problem Solving: Prospective Primary Teachers’ Beliefs In Cyprus And England. Article Mathematics Education Research Group of Australasia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.