ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BAGI SISWA SD KELAS VI

Billy Suandito

Abstract


Pengembangan soal pemecahan masalah tergolong penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah research and development (R and D).Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal yang valid dan praktis bagi dunia pendidikan. Jenis soal yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah soal pemecahan masalah. Penelitian mengikuti penelitian pengembangan Borb, Borg, dan Gall. Ada sepuluh langkah di dalam penelitian ini yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan, revisi produk akhir, dan diseminasi dan implementasi. Dari sepuluh langkah tersebut dibagi menjadi lima tahap. Di dalam penelitian ini, peneliti hanya sampai pada tahap pertama yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal. Penelitian dan pengumpulan informasi awal diawali dengan analisis kebutuhan dalam bentuk wawancara terhadap guru-guru di tiga belas SD Negeri dan SD Swasta. Berdasarkan hasil wawancara tersebut disimpulkan bahwa penelitian tentang pengembangan soal ini dibutuhkan oleh sekolah untuk melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Penelitian selanjutnya akan dilanjutkan pada tahap berikutnya berupa perencanaan, pengembangan produk awal, dan uji coba awal.


Keywords


Research and Development; Pemecahan Masalah; Wawancara.

References


Gall, B. a. (2003). Educational Research, An Introduction. Seventh edition. New York : Pearson Education, Inc.

Hartatiana, D. d. 2011. Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Berbasis Argumen untuk Siswa Kelas V di SD Negeri 79 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5 No.2 .

Krulik, S. &. (1993). Reasoning and Problem Solving. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Lewy. (2009). Pengembangan Soal Untuk Kemampuan Berpikir. Tesis Program Pascasarjana UNSRI.

Polya, G. (2004). How to Solve It, A New Aspect of Mathematical Method.2nd edition. Princeton: Princeton University Press.

Shadiq, F. (2014). Belajar Memecahkan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu Yogyakarta .

Suandito, B. (2009). Pengembangan Soal-soal Nonrutin di SMA Xaverius 4 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3 No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.