EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Binti Anisaul Khasanah, Siti Khoiriah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran learning start with a questions ditinjau dari proses dan hasil belajar siswa. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas X IPS 1 semester genap MA Ma’arif Keputran Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Metode obserfasi digunakan selama proses pembelajaran untuk memperoleh data tentang kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan respon siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran learning start with a questions mampu mengefektifkan suatu pembelajaran khususnya pada materi geometri ditinjau dari proses dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yaitu kemampan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik yaitu mencapai 77,33%, siswa aktif mencapai 75%, siswa dikatakan memiliki respon positif terhadap pembelajaran yaitu mencapai 75,86%, dan siswa yang mencapai KKM sebesar 79%

Keywords


Learning, Questions, Proses Belajar, Hasil Belajar

References


Ahmad. (2006). Efektivitas Pembelajarhttp://ahmadelc.blogspot.co.id/2015/04/efektivitas-pembelajaran.html?m=1.

Mulyasa. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suherman, E. (2001). Strategi Pemblajaran matematika Kotemporer. Bandung: UniversitasPendidikan Indonesia (UPI).

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.