SEDEKAH, KOLABORASI DAN BISNIS : (8 : 2) TIDAK SELALU MENJADI 4

Sutanto Sutanto

Abstract


Era ekonomi atom sudah berakhir ditandai dengan munculnya internet, sejak itu  bergeser aktivitas ke era ekonomi bits, yaitu : era ekonomi yang mendasarkan pada kekuatan informasi. Barang dan jasa yang berkualitas premium di-delivery dengan harga semurah-murahnya hingga mendekati nol (free).  Bagaimana matematika menjelaskan dalam sebuah modelling : Ruang pasar bermakna pada creating community yang berbasis pada mass collaboration sehingga menggeser landscape bisnis dari transaksional menuju kolaborasi.

Keywords


mass collaboration, wikinomics

References


Cournot, Augustin. (1980: [1838]). Recherches sur les Principes Mathématiques de la Théorie de la Richesses (Gérard Jorland, Ed.). Paris: Vrin

Anderson, Chris. “Free : The Past and the Futureof a Radical Price,” Hyperion Publisher, 2009

Yahya, arief. “Paradox Marketing : Unusual Way to Win,” Gramedia Pustaka Utama, 2012

Kim.W, Chan, Maurbogne R,. “Blue Ocean Strategy,” Harvard Business School Publishing, 2005

Tapscot, D, William D, A. “Wikinomics : How Mass Collaboration Change Everything,” Penguin Group, 2008

Tapscot, D, William D, A. “Macrowikinomics.” Penguin Group, 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.