KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY

Ignasius Fandy Jayanto, Sri Hastuti Noer

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam pendidikan. Matematika dapat mengembangkan pemikiran kritis, kreatif, sistematis, dan logis, matematika juga telah memberikan kontribusi dalam kehidupan sehari-hari mulai dari hal yang sederhana seperti perhitungan dasar sampai hal yang kompleks dan abstrak. Beberapa fokus dalam pengembangan pembelajaran matematika yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kemampuan berpikir kreatif diperlukan siswa agar dapat mengungkapkan banyak ide-ide dalam penyelesaian masalah. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif adalah dengan pembelajaran guided discovery. Pembelajaran guided discovery merupakan salah satu strategi untuk membantu kesulitan siswa dalam belajar matematika. Belajar dengan penemuan adalah didalam proses belajar seorang siswa dihadapkan dengan suatu masalah sehingga siswa dapat mencari jalan pemecahan sendiri dengan bimbingan guru. Dalam kegiatan pembelajaran siswa disarakan untuk menemukan sesuatu, merumuskan suatu hipotesa, atau menarik suatu kesimpulan sendiri. Dalam guided discovery, menempatkan guru sebagai fasilitator, guru membimbing siswa dimana guru diperlukan. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guided discovery diaplikasikan dalam pembelajaran matematika, untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil kajian menunjukkan pembelajaran guided discovery dapat merangsang berpikir kreatif siswa dan membantu siswa dalam menemukan pengetahuan atau konsep yang baru. 


Keywords


Guided Discovery;Kemampuan Berpikir Kreatif

References


Afrida, A.N., Sugiarto., dan E. Soedjoko. 2015. Keefektifan Guided Discovery Berbantuan Smart Sticker Terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education. p.ISSN 2252-6927. e.ISSN 2460-5840

Harisuddin, Muhammad Iqbal. (2016). Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Melalui Problem Based Learning dengan Pembelajaran Interaktif Geogebra. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume II. Nomor 1. ISSN : 24775673

Imawan dan Okky Riswandha I. 2015. Perbandingan antara Keefektifan Model Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning pada Matakuliah Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 10. Nomor 2. ISSN: 1978-4538

Lisfiyani., Eko Supraptono., dan Arofah. 2016. Penerapan Guided Discovery dalam Pembelajaran Materi Ajar Mengidentifikasi Kategori Multimedia. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah. Volume 6. Nomor 1. ISSN 0854-2172 1

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik

Moma, La. (2012). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Generatif Siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Norsanty, U. O., dan Zahra Chairani (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2. No 1. ISSN 2442-3041

Nurkamilah, Milah. (2017). Upaya Meningkatkan Keingintahuan Matematis Siswa Menggunakan Guided Discovery Learning Setting Kolaboratif. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Volume 1. Nomor 2. p-ISSN: 2528-102X. e-ISSN: 2541-4321

Prasetiyo, A. D. dan Mubarokah, L. (2014). Student’s Creative Thinking in the Application of Mathematical Problems Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Volume 2. Nomor 1. ISSN: 2337-8166

Rahmawati, Yusnita., Mardiyana., dan Sri Subanti. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) dengan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) pada Materi Pokok Peluang Kelas IX SMP Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Volume 2. Nomor 4. ISSN: 2339-1685

Rosidi, Irsad. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pena Sains. Volume 3. Nomor 1. p-ISSN: 2407-2311. e-ISSN: 2527-7634


Refbacks

  • There are currently no refbacks.