PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Doni Sabroni

Abstract


Salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan komunikasi matematis yang masih tergolong rendah. Selain itu, dalam pembelajarann guru masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga komunikasi antara guru dan peserta didik masih cenderung searah, kegiatan pembelajaran ini menekankan pada penyampaian informasi secara verbal, sehingga peserta didik dalam memahami dan menguasai materi masih kurang. Alternatif pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan kemampuan matematis yaitu dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian Quasi Eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Khairiyah Natar Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 66 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dimana kelompok eksperimen yang terdiri dari 22 siswa dan kelompok kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 5,772 dan ttabel = 4,098, terlihat bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan H0 ditolak, jadi artinya dapat disimpulankan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Keywords


CTL , Kemampuan Komunikasi Matematis

References


Agisti. (2009). Implementasi Strategi Means And Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMP dalam Komunikasi Matematis. Bandung: FPMIPA UPI (skripsi).

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pendidikan Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Jurnal UPI, Edisi Khusus No.1, ISSN 1412-565X.

Mudrikah, S. (2015). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Negeri Pucanglaban. Tulung Agung: IAIN Tulung Agung: Skipsi.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presssindo, Cet. Ke-3.

Sudjiono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, Ed-1.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.