PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA

Chandra Pratama Syaimar, Sugeng Sutiarso

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat kebutuhan terhadap suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (dalam pendidikan) berbasis TI tidak dapat dihindari lagi. Konsep ini kemudian dikenal dengan sebutan E-Learning. Cabang terbaru dari E-Learning adalah Mobile learning. Mobile Learning muncul karena adanya tuntutan pemanfaatan Mobile yang semakin canggih dan belum banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan. Selain itu, harga dari sebuah Mobile lebih murah dibandingkan dengan laptop ataupun PC. Pada saat ini Mobile phone sudah sangat berkembang sehingga mempunyai berbagai macam kemampuan seperti untuk akses internet dan juga mempunyai sistem operasi seperti layaknya komputer sehingga disebut dengan smartphone. Smartphone adalah sebuah media baru dalam komunikasi. Smarthphone saat ini tidak lagi hanya digunakan sebagai media komunikasi tetapi mulai di lirik oleh beberapa perusahaan pembuat smartphone untuk dijadikan media hiburan dan edukasi. Pemanfaatan kemampuan smartphone untuk keperluan di beberapa bidang pun mulai dikembangkan, tidak terlepas pada bidang pendidikan. Beberapa penelitian pun telah dilakukan tentang pemanfaatan Mobile sebagai media pembelajaran edukatif. Pada makalah ini akan dipaparkan tentang apa itu Mobile learning dan bagaimana itu bisa mengembangkan keaktifan dan pemahaman matematis siswa.

Keywords


E-Learning; Matematis; Mobile Learning; Motivasi; Kemampuan

References


Cooper, H. (2016). Research synthesis and meta-analysis. A step – by – step approach vol 2 sage publications.

Haeril, J. (2012). Aplikasi E-Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran. Jurnal Online ICT STMIK IKMI Vol.1- N0.2.

Liu. (2016). Correlation Research on the Application of E-Learning to Students’ Self-Regulated Learning Ability, Motivational Beliefs, and Academic Performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, Vol 12 No 4 , 1091-1100.

Misfeldt, M. &. (2012). http://www.igi-global.com/chapter/formula-editors-handwritting-mathematical-learning /57947?camid=4v1.

Porter, B. D. (2007). Quantum Learning. Bandung: Mizan Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.