Pengaruh Pembelajaran dengan Musik Klasik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Agung Akbar Maden Gumanti, Nanang Supriadi, Suherman Suherman

Abstract


The purpose of this research is to know the effect of learning with the accompaniment of classical music to the problem solving ability of mathematical learners. This research is a quasi-experimental research, the population in this research is all students of class VIII SMP N 5 Terbanggi Besar Central Lampung Lesson 2016/2017, sampling technique in this study using classroom random technique with class VIII B as experimental class and class VIII D as control class. Data analysis technique using t-test. Based on the normality and homogeneity test, it is found that the test result of mathematical problem solving ability of both groups is normal and homogeneous distributed. Result of t-test calculation is obtained that t_count > t_(table )or 2,13> 2,002 which mean H1 accepted and H0 is rejected. So there is an influence of learning with classical music to the problem solving ability of mathematical learners.

Keywords


Musik klasik; Pemecahan Masalah Matematis.

Full Text:

PDF

References


Harta, R. H. (2014). Pengaruh pendekatan open ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 2.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Maya Anggraini dkk. (2012). Pengaruh Musik Instrumental Dalam Penyelesaian Soal Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 8 Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Universitas Lampung, Vol. IV, No. 8.

Purwanto. (2002). Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sofa, R. M. (2012). Pengaruh Musik Instrumental Dalam Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Universitas Lampung ,Vol. II, No. 3.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alpabeta.

Suhendra, H. (2011). Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Universitas Indraprasta (UNINDIRA), Vol. II, No. I

Hamidah, K., & Suherman, S. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di tinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231–248.

Kamandoko, K., & Suherman, S. (2017). PROFIL INTUISI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 5(1), 1–8.

Suherman, S. (2013). PROSES BERNALAR SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL OPERASI BILANGAN DENGAN SOAL MATEMATIKA REALISTIK. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(2).

Suherman, S. (2015). KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.

Supriadi, N. (2015a). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–74.

Supriadi, N. (2015b). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–110.

Supriadi, N., & Damayanti, R. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–9.

Supriadi, N., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Afgani, J. D. (2014). Developing High-Order Mathematical Thinking Competency on High School Students’ Through GeoGebra-Assisted Blended Learning. Mathematical Theory and Modeling, 4(6), 57–66.

Yusnita, I., Masykur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29–38. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.29

Zubaidah Amir MZ. (2013). Persepektif Gender Dalam Mempelajari Matematika. Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. XII, No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.