Pengaruh model diskursus multy reprecentacy (DMR) dengan pendekatan CBSA terhadap representasi matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik

Cici Desra Angraini, Komarudin Komarudin, Istihana Istihana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model DMR dengan pendekatan CBSA terhadap kemampuan representasi matematis, pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap representasi matematis dan interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperiment dan desain yang digunakan adalah post-test only control. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran DMR dengan pendekatan CBSA terhadap kemampuan representasi matematis; (2) terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis.


Keywords


Diskursus Multy Representacy (DMR), CBSA, motivasi, representasi matematis

References


Arjuni. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan CBSA Pada Peserta Didik Kelas V.A SDN 18 Lembah Melintang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).

Fiani, N., Jalmo, T., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik, 3(3).

Guntara, I. W., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD Negeri Kalibukbuk. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99.

Mandur, K., Sadra, I. W., & Suparta, I. N. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggarai. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 2.

Mujayanah, T. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill dan Bermain Pada Siswa Kelas V di SDN Tingal 02 Garum. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 3(1), 65–69.

Negara, H. S. (2014). Konsep Dasar Matematika Untuk PGSD. Lampung: AURA Publishing.

Pamungkas, R., Suhartono, & Chrysti, K. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Se- Kecamatan Prembun. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 6(5).

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35–46.

Samsudin, E. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa (Survey Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Di Kecamatan Telagasari – Karawang. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 14(1), 29–39.

Setiawan, A. (2016). Hubungan Kausal Penalaran Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–100.

Sumada, I. K., Dantes, N., & Pudjawan, K. (2013). Kontribusi Kebiasaan Belajar Dan Kemampuan Numerikal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Seraya Timur. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.

Susilo, J. (2016). Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pengelolaan Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 14 Kabupaten Sorong Tahun Ajaran 2013/2014. Biolearning Journal, 7(1), 34–46.

Suwarni. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Konteksual pada Siswa Kelas II di SD Negeri Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 3(1), 40–50.

Tamim, M. F. (2015). Penerapan Model Pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) Dengan Puzzle Kubus Dan Balok Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Pokok Kubus Dan Balok Siswa Kelas Viii Di Smp Muhammadiyah 8 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Tristiyanti, T., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Dan Reciprocal Learning. Silogisme, 1(2), 4–14.

Untari, E. (2017). Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan TPS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 35–42.

Yusnita, Irda, R.Masykur, S. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar; Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.