Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP PGRI 6 Bandar Lampung

Mardiana Mardiana, Rizki Wahyu Yunian Putra, Farida Farida, Henny Wulandari

Abstract


This research was based on the background of the lack of critical thinking skills of students in SMP PGRI 6 Bandar Lampung. This is caused by several factors, one of which is the selection of learning models such as conventional learning models that are continuously applied by teachers in the classroom. Efforts to address these problems, researchers aim to determine whether there is the effect of problem-based learning with cognitive conflict strategies towards students' critical thinking skills better than conventional learning. This research is a type of experimental research from Quasi Experimental design. This study uses the Pretest design - Posttest Control Group. The subjects in this study were VII grade students of PGRI 6 SMP Bandar Lampung with a total sample of 62 students. The sampling technique was carried out by means of class random techniques. Instruments used to collect data in tests of critical thinking skills. For the normality test using the Liliefors test, the homogeneity test uses a similarity test of two variances. The hypothesis test used in this study is the t-test on n-gain data. With a sample of 62 students and a significant level of α = 0.005 obtained t table = 2,0002 and the calculation results obtained by tcount = 2.50791, it can be seen that tcount> ttable then H0 is rejected. Thus it can be concluded that whether there is the influence of problem-based learning with cognitive conflict strategies towards students' critical thinking skills better than conventional learning.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Pembelajaran Berbasis Masalah; Strategi Konflik Kognitif

References


Adnyani, N. W., Sadia, I. W., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif terhadap Penurunan Miskonsepsi Fisika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bebandem. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Assriyanto, K. E., Sukardjo, J. S., & Saputro, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing ditinjau dari Kreativitas Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(3), 89–97.

Aziz, A., Rokhmat, J., & Kosim. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3), 1–5.

Dahlan, J. A., Rohayati, A., & Karso. (2012). Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif dalam Upaya Meningkatkan High Order Mathematical Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan, 13(2), 65–76.

Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Strategi Kooperatif Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi ditinjau dari Kemampuan Akademik Awal Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mataram. J. Pijar MIPA, VIII(2), 41–46.

Gusnidar, Netriwati, & Putra, F. G. (2017). Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Berbantuan Software Wingeom dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jems : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 62–69.

Handika, I., & Wangid, M. N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, I(1), 85–93.

Hikmat, Tayubi, Y. R., Purwana, U., & Suhandi, A. (2014). Strategi Konflik Kognitif Berbantuan Media Simulasi Virtual dalam Pembelajaran Fisika Berorientasi Pengubahan Konseptual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Menurunkan Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi. In Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY (pp. 342–347).

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, I(3), 221–225.

Imam, I., Ayubi, A., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.

Kristanto, Y. E., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 22(2), 100–102.

Kusmanto, H. (2014). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika (Studi Kasus Di Kelas VII SMP Wahid Hasyim Moga). Eduma, 3(1), 92–106.

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan Tahun, 23(1), 33–47.

Made, I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Marliani, N., & Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Metode Belajar dan Kecemasan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jkpm, 1(1), 136–150.

Mayasari, R., & Adawiyah, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 255–262.

Mosik, & Maulana, P. (2010). Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 98–103.

Nugraheni, D., Mulyani, S., & Ariani, S. R. D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Bervisi dan Berpendekatan Sets terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 2 Sukoharjo pada Materi Minyak Bumi Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3), 34–41.

Putra, R. W. Y. (2015). Pembelajaran Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Kategori Pengetahuan Awal Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 155–166.

Rosana, L. N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 34–44.

Sanderayanti, D. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 222–231.

Santoso, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2).

Setyowati, A., & Subali, B. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 89–96.

Subijakto, F. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konstruktivisme dengan Pendekatan Konflik Kognitif dan Miskonsepsi Fisika Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. IV, pp. 117–122).

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Infinity : Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 144–155.

Sugiawati, V. A. (2013). Penggunaan Strategi Konflik Kognitif dalam Pembelajaran TPS untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Nalar Pendidikan, 1(1), 26–31.

Suhandri. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP/MTS dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. JPPM, 9(2), 240–249.

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–11.

Tuqalby, R., Sutrio, & Gunawan. (2017). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Fluida Siswa SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, III(1), 8–13.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi UNEJ, I(1), 5–9.

Wiratmaja, C. G. A., Sadia, I. W., & W., S. I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Self-Efficacy dan Emotional Intelligence Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Wulandari, N., Sjarkawi, & M, D. (2011). Pengaruh Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno-Pedagogi, 1(1), 14–24.

Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240–254.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.