Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Statistika Berbasis Icare (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention)

Purwaningsih Purwaningsih, Bambang Sri Anggoro, Abi Fadila

Abstract


The purpose of this study is the development of ICARE based learning modules for effective learning Improving learning outcomes of students using the developed modules. This type of research is research and development, better known as Research and Development (R & D). The research model used in this study is ADDIE. Analysis of technical data was carried out by validity analysis, practicality, and effectiveness. The learning module that produces the average final score of the material expert is 4.41 with very valid criteria, and the average final value of the media experts is 4.03 with very valid criteria, Practical quality modules are very practical with an average of 3 , 49, and module effectiveness is very high with an average of 90%. The results showed that the teaching materials developed had met the feasibility and fulfilled the requirements to be used as ICARE-based learning modules in statistical material for grade VIII SMP / MTs students.


Keywords


Development, ICARE, Mathematics, Modul

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. S. 2017. “Kesiapan Mahasiswa LPTK Swasta Di Semarang Menjadi Guru Matematika Yang Profesional.” Phytagoras : Jurnal Pendidikan Matematika 12(1): 87–97.

Adi Pradana, Reza, and Triyanto. 2013. “Efektivitas Pengembangan Modul Pebelajaran CNC I Pada Program Studi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya.” JTM 1(2): 48–57.

Anggoro, Bambang Sri. 2015. “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 6(2): 122–29.

Dewi, Ni Putu Rosmana, I Made Ardana, and Sariyasa. 2019. “Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” JNPM ( Jurnal Nasional Pendidikan Matematika ) 3(1): 109–22.

Fitri, Dewi Yuliani, Tika Septia, and Alfi Yunita. 2013. “Pengembangan Modul Kalkulus 2 Pada Program Studi Pendidikan Matematika Di STKIP PGRI Sumatera Barat.” Jurnal Pelangi 6(1): 65–76.

Happy, N., and D. B. Widjajanti. 2014. “Keefektifan PBL Ditinjau Dari Berfikir Kritis Dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa SMP.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(1): 48–57.

Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktorat UPI.

Kurniati, Annisah. 2016. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 4(1): 43–58.

Masykur, Ruhban, Nofrizal, and Muhamad Syazali. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 8(2): 177–86.

Mufidah, Chilmiyah Izzatul. 2014. “Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 Di SMK N 10 Surabaya.” Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP) 2(2): 1–17.

NO, Ika Ningrum. 2016. “Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pada Materi Mempersiapkan Pertemuan/Rapat Pada Kelas XI APK Di SMK Ketintang Surabaya.” Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP) 4(3): 1–6.

Putra, G. L. A. K., Et. Al. 2014. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Inggris DI SDN 1 Selat.” E-Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan 2(1): 4.

Putra, Fredi Ganda. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif Dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 203–10.

Rahma, Siti Zainatur, Sri Mulyani, and Moh. Masyikuri. 2017. “Pengembangan Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Nilai Islam Di SMAI Surabaya Pada Materi Ikatan Kimia.” Jurnal Pendidikan 2(1).

Sandiyanti, Ageng, and Rosida Rakhmawati. 2018. “Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Berbasis Quantum Learning Pada Materi Peluang.” Desimal : Jurnal Matematika 1(2): 157–64.

Sari, Fiska Komala, Farida, and Muhamad Syazali. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 135–51.

Supriadi, Nanang, Farida, and Bella Dwi Lestari. 2018. “Pengembangan Modul Kalkulus Pada Materi Turunan Bernuansa Keislaman Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing.” In YSSTEE International Conference, , 1–11.

Taufik Aditia, M, and Novianti Muspiroh. 2013. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat Dan Islam ( Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di SMA NU Lemahabang Kabupaten Cirebon.” Jurnal Science Educatia 2(2): 1–20.

Tri Hastuti, Endang, Widha Sunarno, and Sukarmin. 2014. “Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Penemuan Dengan Tema SPAGHETTI.” In Prosiding SNFPF, , 173–85.

Utami, Taza Nur, Agus Jatmiko, and Suherman. 2018. “Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Pada Materi Segiempat.” Desimal : Jurnal Matematika 1(2): 165–72.

Wati, Widya. 2015. “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Terintegrasi Penanggulangan Bencana Tanah Longsor.” Al-Biruni : Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 4(1): 109–19.

Wibowo, Edi, and Dona Dinda Pratiwi. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan.” Desimal : Jurnal Matematika 1(2): 147–56.

Yurniati, and Endang Wahyuningrum. 2015. “Pembelajaran Berbasis ICARE Dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa UT.” Infinity 4(2): 182–89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.