PROBLEMATIKA SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Yudhistira Ardana, Risa Nur Aulia, Rindy Febriani, Roni Saputra

Abstract


Di Indonesia bunga dijadikan sebagai aspek utama dalam mendorong sektor riil, padahal didalam kenyataannya dapat terlihat dengan jelas bahwa bunga akan membuat meningkatnya biaya produksi, sehingga hal yang diharapkan dapat membangun dan mengembang usaha yang dilakukan dengan melakukan peminjaman dengan sistem bunga akan mustahil terwujud. Berbeda halnya dengan yang terjadi di Indonesia sekarang, ekonomi Islam menawarkan hal lain, jika dalam system perekonomian Indonesia pengembangan usaha dilakukan dengan sistem bunga maka sistem ekonomi Islam menawarkan pola bagi hasil yang tidak akan menimbulkan kenaikan pada biaya produksi, sehingga kemungkinan terjadinya inflasi sangat kecil Pada jurnal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Problematika sistem perekonomian Indonesia dalam perspektif islam apakah telah sesuai dengan ekonomi dalam Islam. Sehingga nantinya, diharapkan hasil resume penelitian ini dapat dijadikan suatu konsep kerja (framework) atau model bagi para pelaku ekonomi lainnya. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dimana pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui Problematika sistem perekonomian Indonesia dalam perspektif islam, dengan pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan mengambil sumber dari jurnal  jurnal dan segala referensi yang mendukung guna kebutuhan penelitian.


Keywords


sistem perekonomian

Full Text:

PDF

References


Abd Ghofur, R. (2010). Sistem Ekonomi antara Kebijakan dan Tujuan. ASAS, 2(1).

Fasa, M. I. (2017). Islamizing The System of Economy: Solution Toward An Economical Welfare For The Islamic Landscape. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–23.

Ghofur, R. A. (2016). Peran Instrumen Distribusi Ekonomi Islam Dalam Menciptakan Kesejahteraan di Masyarakat. Ikonomika, 1(1), 27–39.

Mubyarto, M. (2004). Menuju Sistem Ekonomi Pancasila: Reformasi Atau Revolusi. Journal of Indonesian Economy and Business, 19(1).

NAZERI, N. (2016). Melihat Sistem Perekonomian Indonesia dengan Perspektif Islam. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 1(1), 97–106.

Rahardjo, M. D. (2009). Menuju sistem perekonomian Indonesia. Unisia, 32(72).

Supratikno, H. (2021). Globalisasi, Ekonomi Konstitusi, dan Nobel Ekonomi. Kepustakaan Populer Gramedia.

Supriyanto, S. (2009). Memahami Cara Bekerja Sistem Perekonomian. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 6(2), 17211.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/slm.v2i2.10855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Salam Islamic Economics Journal published by the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung - Indonesia.