UPAYA BUMDES DALAM PENGEMBANGAN OBJEK PARIWISATA GREEN BAMBOO TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Desa Sri Bandung Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara)

Adis Purnama Dewi, Yulistia Devi

Abstract


Objek wisata sering dianggap sebagai jawaban untuk menghadapi berbagai masalah ekonomi Indonesia. Dengan adanya objek wisata akan membuka peluang untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana upaya BUMDES dalam pengembangan objek pariwisata Green Bamboo, bagaimana pengembangan objek wisata green bamboo terhadap peningkatan pendapatan masyarakat dan menurut perspektif ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis upaya BUMDES dalam pengembangan objek pariwisata Green Bamboo, pengembangan objek wisata Green Bamboo terhadap peningkatan pendapatan masyarakat dan menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 11 sampel yang merupakan orang-orang yang ikut terlibat di objek wisata Green Bamboo. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa unit usaha yang ada di BUMDes Bumi Sri Rezeki telah ada BUMDes holding yaitu objek wisata Green Bamboo. BUMDes juga telah melakukan upaya dalam pengembangan objek wisata tersebut dengan memberikan permodalan, memberikan kemudahan akses jalan maupun fasilitas memadai. Namun jika dilihat dari indikator keberhasilan pengembangan wsisata maka Green Bamboo hanya memenuhi 2 faktor saja yaitu objek dan daya tarik wisata serta adanya aksesibilitas. Dengan adanya pengembangan objek wisata Green Bamboo sudah memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk berwirausaha namun belum sepenuhnya dapat mengurangi pengangguran serta meningkatkan pendapatan masyarakat dari profesi sebelumnya. Pengembangan pariwisata bisa dikatakan sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi dalam Islam yang meliputi kerja, persaingan dan solidaritas.  

Keywords


BUMDes, objek wisata, pendapatan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Hadiwijoyo, Suryo Sakti, Perencanaan Pariwisa ta Perdesaan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012.

Itamar, Hugo. “Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tanah Toraja,” Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 7 No. 2 (2014): 13.

Kamaroesid, Herry, Tata Cara Pendirian dan Pengelolaan BUMDES. Jakarta: Mitra Wacana media. 2016.

Karlina, Ayu, “Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Kabupaten Aceh Jaya” (Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Pemerintahan, 2019).

Mankiw, Georgi, Pengantar Ekonomi Jilid 2. Jakarta: Erlangga. 2000.

Nasution, Mustofa Edwin, et. al, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. 2007.

_____, Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana. 2010.

Nurhayani dan Deni Suryano, Strategi Pemasaran Kontemporer. Surabaya: CV Penerbit Qiara Media. 2019.

Pitana, I Gede, Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: ANDI. 2005.

Ratu, Cristina, dan I Made Adikampana, “Strategi Pemasaran Desa Wisata Blimbingsari Kabupaten Jembrana,” Jurnal Destinasi Wisata, Vol. 4 No. 1 (2016): 62

Sherly, et.al, Pemasaran Internasional. Medan: Yayasan Kita Menulis. 2020.

Wijayanti, Arini, “Analisis Peranan Objek Wisata Telaga Gupit Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Tegalsari Kecamatan Gadingerjo Dalam Perspektif Ekonomi Islam” (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/slm.v3i2.15008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Salam Islamic Economics Journal published by the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung - Indonesia.