ANALISIS STRATEGI PROMOSI PERSONAL SELLING PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) BERINGHARJO DOLOPO, MADIUN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA

Muhammad Alvin Hidayatullah

Abstract


BMT Beringharjo Kecamatan Dolopo ini terdapat nasabah yang melakukan aktivitas simpan pinjam namun tidak sebanyak nasabah yang ada di bank-bank konvensional. Sehingga strategi promosi berperan penting dalam meningkatkan nasabah perlu menggiatkan lagi promosi yang sudah dilakukan BMT Beringharjo Kecamatan Dolopo untuk menarik minat masyarakat yang lebih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi personal selling Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. (2) Untuk mengetahui faktor promosi personal selling Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. (3) Untuk mengetahui dampak promosi personal selling Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun terhadap loyalitas anggota.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dengan prosedur pengumpulan data wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi promosi yang dilakukan BMT Beringharjo Dolopo menggunakan 3 (tiga) metode promosi yaitu metode periklanan, publicity, personal selling (penjualan pribadi) Namun dari ketiga metode promosi yang digunakan tersebut, ada 1 (satu) metode yang menjadi metode promosi utama yaitu personal selling (penjualan pribadi). (2) Faktor yang mempengaruhi dalam promosi personal selling BMT Beringharjo Dolopo adalah : dengan cara dilakukannya identifikasi masyarakat yang menjadi calon anggota, Faktor lain yang mempengaruhi promosi personal selling dari BMT Beringharjo adalah pendekatan langsung melalui tatap muka atau bertemu langsung untuk memperkenalkan produk. dan dilanjutkan meminta keputusan dalam melakukan pembelian produk. (3) Dampak dari strategi promosi personal selling yang dirasakan oleh BMT Beringharjo Dolopo yaitu meningkatnya loyalitas terhadap produk-produk BMT Beringharjo Dolopo.


Keywords


Promosi Personal Selling, Strategi, BMT, Loyalitas.

Full Text:

PDF

References


Ramadhanie, Bunga Adilia. “Strategi Promosi Wisata Religi Di Makam Ki Ageng Henis Laweyan.” Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Skripsi, 2021.

Al Arif, M. Nur Rianto. Lembaga Keuangan Syariah. CV Pustaka Setia, 2012

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2013.

Putri, Rizka Apriliana. “Peran Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota (Studi Kasus BMT UGT Sidogiri KCP Kediri).” Institut Agama Islam Negeri (Iain) Kediri, Skripsi, 2022.

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers, 2004.

Boyd, Walker dan Larreche. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global. Edisi Kedua Jilid Satu. Jakarta: Erlangga, 2000.

Gunawan, Candra dkk. “Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.” Sekolah Tinggi Ilmu Eknomi “KBP,” 2019.

Dewi, Nourma. “Regulasi Keberadaan Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Dalam Sistem Perekonomian Di Indonesia.” Jurnal Serambi Hukum Vol. 11, No. 1 (July 2017).

Fadli, M. Hafiz. “Strategi Promosi Marketing Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Di Bmt Permata Indonesia Pekanbaru.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, Skripsi, 2019.

Halim, Natalia dan Wirawan E.D. Radianto. “Perancangan Strategi Promosi Bagi Perusahaan Dessert Factory.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Vol. 1, no. 2 (June 2016).

Halimatussyakdiyah. “Strategi Promosi Toko Pakaian Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Komparatif Pada Toko Taste Fashion Dan Jgp Store).” Universitas Islam Kalimantan, thesis, 2021.

Haming, Murdifin. Manajemen Produksi Modern. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Handayana, Putri. “Preferensi Strategi Promosi Koperasi Bmt Pat Sepakat Untuk Menarik Minat Mahasiswa Menjadi Anggota.” Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup, Skripsi, 2022.

Harianti, Nunung. “Analisis Strategi Promosi Pembiayaan Murabahah Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Di Bmt Al-Iqthisady Kota Mataram (Studi Kasus Di Bmt Al-Iqtishady Kota Mataram).” Universitas Islam Negeri (Uin) Mataram, Skripsi, 2020.

Hax, Arnoldo C dan Nicholas S. Manjluk. The Strategy Process and Concept: A Pragmatic Approach, 1991.

Permana, Sony Hendra dan Masyithah Aulia Adhiem. “Strategi Pengembangan Baitul Mal Wat Tamwil Sebagai Sumber Pembiayaan Alternatif Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” Jurnal Kajian Vol. 24, No. 2 (2019).

Hidayat, Solikhul. “Penerapan Akuntansi Syariah Pada Bmt Lisa Sejahtera Jepara.” Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol. 10, No. 2 (Oktober 2013).

Lesatari, Ririn Indah. “Manajemen Promosi Bmt Syahida Ikaluin Dalam Meningkatkan Keanggotaan Produk Simpanan Syahida.” Mozaic : Islam Nusantara Vol. 5, no. 2 (2019).

Irawan, Dedik dkk, “Analisis Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Lkms) Pedesaan (Studi Kasus Bmt Al Hasanah Sekampung).” JIIA Vol. 1, no. 1 (January 2013).

Ismanto, Kuat. “Pengelolaan Baitul Maal Padabaitul Maal Wa Tamwil (Bmt) Di Kota Pekalongan.” Jurnal Penelitian : STAIN Pekalongan Vol. 12, No. 1 (Mei 2015).

Jaramillo, F dan G.W. Marshall. “Critical Success Factors in the Personal Selling Process: An Empirical Investigation of Ecuadorian Salespeople in the Banking Industry,” Vol. 22. The International Journal of Bank Marketing, 2004.

Kasanah, Nur. “Implementasi Pengelolaan Zakat Infak Dan Sedekah Di Upzis Nu Care Lazisnu Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.” Journal of Islamic Philanthropy and Disaster Vol. 1, no. 1 (2021).

Kasmir. Manajemen Perbankan. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta, 2000.

Kasmir. Pemasaran Bank. Prenada Media, 2004.

Khusaini, M. “Analisis Promosi Di Bmt Al Ishlah Kota Jambi.” Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Skripsi, 2020.

Kotler dan Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 2, Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga, 2001.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta: Indeks, 2005.

Lamb dkk. Pemasaran. Edisi Pertama. Salemba Empat, Jakarta., 2001.

Liana Ayuni, Ita. “Implementasi Strategi Promosi Dan Kualitas Pelayanan BMT NU Cabang Wringin Bondowoso Guna Meningkatkan Kuantitas Nasabah.” Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Skripsi, 2022.

Hedynata, Livia dkk. “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack.” PERFORMA : Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Vol 1, no. 1 (April 2016).

Mahardya Putri, Indah. “Strategi Pemasaran Baitul Maal Wa Tamwil Insan Mandiri Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pembiayaan Musyarakah.” JoIE: Journal of Islamic Economics Vol. 1, no. 2 (July 2021).

Malihatul Hasanah, Kharina. “Strategi Promosi Untuk Menarik Minat Nasabah Di Bmt Ugt Sidogiri Cabang Pembantu Mumbulsari Kabupaten Jember.” Economica : Jurnal Ekonomidan Hukum Islam Vol. 12, no. 02 (Desember 2021).

Mardiana, Andi dan Nur Ain Kasim. “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Butik Busana Muslim Anisa Kota Gorontalo.” Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam Vol. I, no. 2 (Desember 2016).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdkarya, 2009.

Siregar, Ina Namora Putri dan Elisabeth Natalia. “Pengaruh Merek Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dvd Player Elecor Pada Pt. Cakrawala Elecorindo Medan.” NIAGAWAN Vol. 7, no. 2 (July 2018).

Natalia, Priccila, dan Mumuh Mulyana. “Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian.” JIMKES : Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 2, no. 2 (2014).

Ni’matus Sa’adah, Ulfa dan Siti Novia Handayani. “Analisis Peran Promosi Terhadap Perkembangan Jumlah Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kc Bojonegoro Tahun 2022.” Jurnal of Islamic Economiecs and Finance Al Iqtishadiyah, 2022.

Noor Dinari, Martina. “Strategi Promosi Pt. Cahaya Madinah Makkah Indonesia (Cmmi) Tour And Trevel Purwokerto Dalam Menarik Minat Jamaah Ibadah Umroh Ibadah Umrah.” IAIN Purwokerto, Skripsi, 2021.

Nurastuti, Wiji. Teknologi Perbankan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Nurhidayati, Maulida dan Novi Kurnia Cahyani. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna E-Channel Pada Nasabah BSI KCP Ponorogo.” Etihad : Journal of Islamic Banking and Finance Vol. 1, no. 2 (Juli - Desember).

Pasaribu, Parningotan Endiwanto dan M. Parnawa Putranta. “Faktor-Faktor Sukses Dalam Proses Personal Selling.” Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Prastowo, Andi. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian,”.

Rohaeni, Heni. “Peranan Promosi Melalui Personal Selling Terhadap Volume Penjualan.” Ecodemica Vol. IV, no. 2 (September 2016).

Sandora, Liana. “Analisis Strategi Promosi Produk Simpanan Pelajar (Simpel) Di Pt.Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bengkulu.” Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Skripsi, 2020.

Satria, Muhammad Rizal dan Tia Setiani. “Analisis Perbandingan Pemberian Kredit Pemilik Rumah (KPR) Pada Bank Konvensional Dengan Pembiayaan Murabahah (KPR) Pada Bank Syariah.” Amwaluna : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah Vol. 2, no. 1 (January 2018).

Sedarmayanti. Manajemen Strategi. Bandung: Refrika Aditama, 2014.

Shinta, Agustina. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press, 1994.

Shobirin, Muhammad, dan Hapzi Ali. “Strategi Pengembangan Infrastruktur Dalam Meningkatkan Pelayanan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng.” Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Sistem Informasi Vol. 1, no. 2.

Sudjana, Krisna dan Rizkison. “Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah Yang Kompetitif.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. Bandung: CV Alfabeta, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Swastha, Basu. Azas-Azas Marketing, 1996.

Syukriah, Mutiatus. “Penerapan Strategi Promosi Produk Pembiayaan Pada BMT UGT Sidogiri Cabang Malang Kota.” Universitas Islam Negeri (Uin) Maulana Malik Ibrahim Malang, Skripsi, 2022.

Tanjung, Muslim dan Arina Novizas. “Eksistensi Baitul Mal Wa Tamwil (Bmt) Dalam Perekonomian Islam.” Universitas Al Azhar Indonesia Vol. 3, no. 1 (January 2018).

Tjiptono, Fandy. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy Offset, 2004.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI, 2000.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI, 2008.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran I. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Umar, Husein. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Widodo, Hertanto. Panduan Praktis Operasional Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Bandung: Penerbit Mizam, 1999.

Yatil Wada’i, M. “Strategi Promosi Produk Tabungan Wadiah Permata Pada Bmt Permata Indonesia Kota Pekanbaru.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau-Pekanbaru, Skripsi, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/slm.v4i1.17028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Salam Islamic Economics Journal published by the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung - Indonesia.