Kinerja Pemerintah dan Kebutuhan Citra Baik Melalui Transaksi Opini: Analisa Review Studi

Dielanova Wynni Yuanita, Christine Novita Dewi, Servatia Mayang Setyowati

Abstract


Kinerja pemerintah menjadi hal yang dibutuhkan dalam tolak ukur pemerintahan. Pengukuran kinerja dalam sektor publik menjadi faktor penting dalam menilai kesuksesan dalam pelaksanaan pekerjaan pemerintahan. Pengukuran kinerja melibatkan pihak independensi. Kebutuhan akan penilaian yang baik mendorong adanya moral hazard dalam birokrasi dengan pihak independensi penilai kinerja. Penelitian ini merupakan analisa telaah literatur dalam kinerja pemerintah dan sisi gelap transaksi opini pemerintah yang dibahas dalam sudut pandang kasus dan peraturan.


Keywords


Kinerja, Moral Hazard, Independensi, Pemerintah.

References


Atkinson, Anthony A., Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, dan Mark S. Young. 2012. Management Accounting: Information for Decision-Making and Strategy Execution. Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall.

Bastian, Indra. 2001. Akuntansi Sektor Publik. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.

Fitriyani, Dewi. 2014. Balanced Scorecard: Alternatif Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik. Jurnal Cakrawala Akuntansi, Volume 6, No. 1: 16-31.

Halim, Abdul dan Muhammad Syam Kusufi. 2016. Teori, Konsep, dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Kurrohman, Taufik. 2013. Evaluasi Penganggaran Berbasis Kinerja Melalui Kinerja Keuangan yang Berbasis Value For Money di Kabupaten/Kotaa Jawa Timur. Jurnal Dinamika Akuntansi, Volume 5, No. 1: 1-11.

Kusuma, Hendra. 2017. Apa Benar Ada Praktik Jual Beli WTP?. Detik.com, 30 May. Diakses pada 9 Juni 2017. http://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3514986/apa-benar-ada-praktik-jual-beli-opini-wtp.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Edisi 4. Yogyakarta: ANDI.

Nor, Wahyudin. 2012. Penerapan Balanced Scorecard pada Pemerintah Daerah. AUDI Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Volume 7, No.2: 280-292.

______. Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Nomor 1 Tahun 2017 tentang Standar Pemeriksaan Keuangan Negara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/slm.v4i2.20953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Salam Islamic Economics Journal published by the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung - Indonesia.