ANALISIS EKSTERNALITAS PETERNAKAN AYAM TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

madnasir madnasir, fatih fuadi, istiqomah istiqomah

Abstract


ABSTRAK

 

Eksternalitas adalah dampak tindakan seseorang atau suatu pihak terhadap kesejahteraan atau kondisi orang/pihak lain. Jika dampaknya merugikan, maka hal itu disebut eksternalitas negativ. Sebaliknya, jika dampaknya menguntungkan disebut eksternalitas positif.  Keberadaan perusahaan peternakan ayam mas yang begitu dekat dengan rumah warga, membuat masyarakat sering mengeluhkan dampak negatif yang ditimbulkan. Namun, masyarakat juga merasakan dampak positif dengan adanya perusahaan peternakan ayam mas.  Rumusan masalah dari skripsi ini adalah (1). Bagaimana eksternalitas dari keberadaan Perusahaan Peternakan Ayam Mas di Desa Karang Sari. (2). Bagaimana eksternalitas dari keberadaan Perusahaan Peternakan Ayam Mas tehadap pendapatan  masyarakat di Desa Karang Sari. (3). Bagaimana eksternalitas dari keberadaan Perusahaan Peternakan Ayam Mas tehadap pendapatan  masyarakat di Desa Karang Sari dalam Perspektif  Ekonomi Islam. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1).Untuk menggambarkan eksternalitas dari keberadaan Perusahaan Peternakan Ayam Mas di Desa Karang Sari. (2).Untuk menggambarkan  eksternalitas dari keberadaan Perusahaan Peternakan Ayam Mas tehadap pendapatan  masyarakat di Desa Karang Sari. (3). Untuk menggambarkan  eksternalitas dari keberadaan Perusahaan Peternakan Ayam Mas tehadap pendapatan  masyarakat di Desa Karang Sari dalam Perspektif Ekonomi Islam.  Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data primer di dapat dari wawancara dengan karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan, alat analisis yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan berfikir deduktif.  Berdasarkan hasil pengamatan di  lapangan, Perusahaan Peternakan Ayam Mas menimbulkan eksternalitas  positif dan negatif yaitu penyerapan tenaga kerja, munculnya usaha-usaha baru, pencemaran lingkunga, dan tingkat kesehatan masyarakat menurun. Eksternalitas yang ditimbulkan perusahaan peternakan ayam mas berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat sekitar. Sebelum adanya perusahaan peternakan ayam  mas, rata-rata tingkat pendapatan masyarakat berada pada tingkat rendah <Rp.1000.000. Namun setelah adanya perusahaan peternakan ayam mas, rata-rata tingkat pendapatan masyarakat berada pada tingkat sedang Rp.1.000.000-Rp.5.000.000.  Kegiatan yang di lakukan masyarakat dan perusahaan peternakan ayam mas telah sesuai dengan teori ekonomi islam. Dilihat dari cara masyarakat mendapatkan penghasilan dengan cara yang baik, bekerja keras dengan jujur sehingga pendapatan yang dihasilkan halal dan dapat dipergunakan  untuk kemanfaatan. Perusahaan peternakan ayam mas juga telah menerapkan beberapa prinsip ekonomi islam, yaitu prinsip keadilan, prinsip keseimbangan dan prinsip tanggung jawab.


Keywords


Kata Kunci : Eksternalitas, Peternakan Ayam, Pendapatan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Amran Tasai, Zaenal Arifin , Kumpulan Kosa Kata Ilmiah Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Akademika Presindo, 2013.

A Karim, Adiwarman, Ekonomi Mikro Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2007.

Arsyad, Lincolin, Ekonomi Pembangunan Edisi 5, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2015.

Abbas, Anwar, Bung Hatta Dan Ekonomi Islam, Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2012.

Badrudin, Rudi, Ekonomi Otonimi Daerah, Yogyakarta: UUP STIM YKPN, 2012.

Bungin, Burhan, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Faizal, Noor Henry, Ekonomi Publik Edisi 2, Jakarta: Permata Puri Media, 2015.

Hakim, Lukman, prinsip-prinsip ekonomi islam, Jakarta : Erlangga, 2012.

H Abu Ahmadi , Cholid Narbuko, Metodologi Penelitian Cetakan Ke 13, Jakarta: bumi aksara, 2013.

Irawan, Nofiandi, panen telur setiap hari dari kandang 100 m cetakan ke tiga, Jakarta: PT AgroMedia Pustaka, 2017.

Juliansyah, Nor, Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis. Desetasi Dan Karya Ilmiah, Jakarta: Kencana, 2013.

J Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Mankiw, N. Gregory, eston Quah, Peter Wilson, pengantar Ekonomi Mikro Edisi Asia, Jakarta: salemba empat, 2012.

Mangkoesoebroto ,Guritno, Ekonomi Publik edisi ketiga , Yogyakarta : BPFEYOGYAKARTA. Muklis, Imam, Eksternalitas, Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Berkelanjutan Dalam Perspektif Teoritis, Jurnal Ekonomi Bisnis No.3. tahun 2012.

Mulyana, Deddy, Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Sosial, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Nasution, Mustafa Edwin, Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam, Jakarta : Kencana, 2007.

Purwaningsih, Dyah Listyo, Peternakan Ayam Ras Petelur Di Kota Singkawan , Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura Volume 2 / Nomor 2 / September 2014.

Pusat pengkajian dan pengembangan ekonomi islam (P3EI) unuversitas islam Yogyakarta atas kerjasama dengan bank Indonesia, ekonomi islam, jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Reksoprayitno, Sistem Ekonomi Dan Demokrasi Ekonomi, Jakarta: Bina Grafika,

Susanto , Edy, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Terhadap Pembelian Telur Ayam Ras Di Pasar Wilayah Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Jurnal Ternak Vol. 06 No.01 Juni 2015.

Sugiono, Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung:Alfabeta, 2015.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2007.

Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cetakan Ketiga Belas Jakarta : PT.Rineka Cipta, 2006.

UU No. 18 tahun 2014 Tentang Peternakan Dan Kesehatan Hewan, pasal 1angka 1.

Walukow, Karlia S.. Et.al, Penampilan Produksi Ayam Ras Petelur Mb 402 Yang Diberi Ransum Mengandung Minyak Limbah Ikan Cakalang, jurnal zootek, vol. 37, no. 1, januari 2017. Wiliam D Nordhaus, Paul A Samuelson, Mikro Ekonomi Edisi Revisi Ke-14, Jakarta:

Erlangga, 1992.

Yasin, Fachri, Agrribisnis Riau Dan Perkebunan Berbasis Kerakyatan, Pekanbaru:UNRI Press, 2003.

Zulfan Saam , Purnomo, Elda Nazriati, Analisis Bau Limbah Perternakan Ayam di Pemukiman Terhadap Gangguan Psikosomatik Masyarakat Sekitar Kandang di Desa Sei Lembu Makmur, jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia, Juli 2015, Volume 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/slm.v1i1.7022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Salam Islamic Economics Journal published by the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung - Indonesia.