Analisis Kontribusi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mandiri Bersatu Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung)

Hanif Hanif, Mardhiyah Hayati, Desma Susilawati

Abstract


Desa merupakan pusat dari kegiatan perekonomian bangsa. Oleh sebab itu, pembangunan dimulai dari tahap bawah yaitu desa. Pemerintah saat ini mulai mengedepankan pembangunan desa dengan memberikan dana desa yang cukup besar guna untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut sudah masuk dalam UU yang khusus mengatur pembangunan desa. Desa memiliki potensi yang sangat baik untuk kesejahteraan bangsa, sehingga hal tersebut perlu demobilisasi agar potensi yang dimiliki dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat. Hadirnya BUMDES merupakan implementasi UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat melalui potensi desa yang dibentuk langsung sesuai inisiatif pemerintah pekon dan masyarakat. Kondisi yang demikian mendorong peneliti untuk merumuskan permasalahan yaitu: bagaimana kontribusi Badan Usaha Milik Desa (BUM-Pekon Mandiri Bersatu) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat menurut persepektif ekonomi Islam? Adapun yang menjadi tujuan peneliti yaitu: untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kontribusi BUMDES mandiri bersatu terhadap kesejahteraan masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam (Studi pada Badan Badan Usaha Milik Desa (BUM-Pekon) Mandiri bersatu pekon Gisting Bawah  kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yang bertempat di pekon Gisting Bawah  kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, penelitian ini bersifat deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 orang. Sedangkan sample dalam penelitian ini diambil 26 orang  dengan rician sampel diambil dari pengurus BUMDES 10 orang, aparat pekon 2 orang dan masyarakat pekon Gisting Bawah diambil 14 orang. dengan metode pengambilan sample yaitu Random Sampling. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan peneliti terdiri dari metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik mengolah data melalui 2 tahapan yakni, pemeriksaan data dan sistematik data. Teknik analisi data menggunakan redukasi data, penyajia data dan teknik verifikasi (kesimpulan). Adapun hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa BUMPekon Mandiri Bersatu di pekon Gisting Bawah sudah cukup berperan dan berkontrbusi bagi masyarakat hanya saja belum dapat dikatakan maksimal, yakni masih adanya ketimpangan kesejahteraan antar masyarakat di pekon Gisting Bawah. Hal itu dikarenakan masih banyaknya kendala yaitu seperti kurangnya modal, minimnya pengetahuan masyarakat akan BUMDES, masih minimnya partisipasi masyarakat dalam memajukan unit-unit usaha yang ada dan kurang maksimalnya kinerja pengurus seperti mengadakan sosialisasi dan penyuluhan tentang BUM-Pekon Mandiri Bersatu itu sendiri. Sedangkan dalam pandangan Islam, masyarakat pekon Gisting Bawah dapat dikatakan sejahtera karena telah memenuhi kebutuhan Al-Dharuriyyah (primer), Al-Hajjiyyah (sekunder) dan AlThsaniyyah (pelengkap).


Keywords


Badan Usaha, kesejahteraan, kontribusi

Full Text:

PDF

References


Ridwansyah, Pendidikan Dasar Perbankan Syariah, Kumpulan Diklat

Pembiayaan, Lampung, 2009.

Pedoman Penulisan Skripsi, intellectuality- Spirituality- Integrity. Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung 2017/2018.

P3EI, (Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam) ekonomi Islam, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Jakarta: Rajawali pers, 2013.

Rahardjo Adisasmita, Pembangunan perdesaan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Dokumentasi, profil Badan Usaha Milik Pekon (BUM Pekon) Mandiri Bersatu Pekon Gisting Bawah Tahun 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alpabeta, 2012.

Cholid Narbuko, Abu Ahmad, Metodelogi Penelitian, Jakarta: PT Aksara, 2012.

Emzir, metode penelitian pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2012.

Sugiyono, metodelogi penelitian kuantitatif dan kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

HAW Widjaja, Otonomi Desa (merupakan otonomi yang asli bulat dan utuh), Jakarta: Raja Grafindo persada, 2014.

Naskah Akademik RUU Desa, Direktorat Pemerintah Desa dan Kelurahan

Direktorat Jendral Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa, DepatemenDalamNegeri 2007.

Ahmad Qodri, Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan

Kehidupan Berdemokrasi di Indonesia, Jakarta: LECPess, 2003.

Herry Kamaroesid, Tata cara pendirian dan pengelolaan BUMDES, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.

David Wijaya, BUM Desa Badan Usaha Milik Desa, Yogyakarta: Gava Media, 2018.

Gabriel Hany Kusuma dan Nurul Purnamasari, BUMDES Kewirausahaan Sosial yang Berkelanjutan, Jakarta: penabulu foundation, 2016.

Gathurrahman Djamil, Hukum Ekonomi Isalam, Jakarta: Sinar Grafika, 2013.

Adiwarman Karim, Sejahtera Pemikir Islma, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Al Yasa’ Abubakar, Metode Istihlahiah Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dalam Ushul Fiqh, Banda Aceh: CV Diandra Primamitra Media, 2012.

Muhammad Tholhah Hasan, Islam Dalam Perspekktif Sosial Kultural, Jakarta: Lantabora PRESS, 2005.

Yusuf al-Qadharawi, Fiqih Praktis Bagi Kehidupanb Modern, Kairo: Makabah Wabah, 2009.

Rudy Bahrudin, ekonomi otonomi desa, Yogyakarta: UUP STIM YKPN, 2012.

Subdirektorat Statistik, Analisis dan Perhitungan Tingkat Kemiskinan 2000, Jakarta: badan pusat statistic, 2008.

Veithzal Rival dan Andi Buchari, Islamic Economic, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Departemen Agama RI AI-Qur’an da Terjemahnysa Al- Hikmah, Bandung: CV

Diponegoro, 2010.

Jurnal

Surwo Budiarto, Studi Tentang Pemungutan Retrebusi Parkir dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Darah Samarang, Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 2 No. 4, 2016.

Edy yusuf agunggunanto dkk, Pengembangan Desa Mandiri melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Vol. 13 No 1, 2016.

Amirus Sidiq, Konsep Kesejahteraan Dalam Islam, Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 3 No 2, Desember 2015.

Khairul Amri, Evaluasi Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Vol. 13 No 3, Juli 2015.

Maria Rosa Ratna Sri Anggraeni, Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan Studi Pada Bumdes di Gunung Kidul, Vol. 28 No. 2, 2016.

Amelia Sri Kusuma Dewi, Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa (Pades) Serta Membutuhkan Perekonomian Desa, jurnal Of And Development,Vol. 5 No. 1, 2014.

Bela aldila dkk. Factor-faktor yang berhubungan dengan peranan pengurus badan usaha milik pekon di pekon Gisting bawah, JILA, Vol. 6 No. 2, 2018.

Dewi Kirowati, lutfiyah dwi S. pengembangan Desa Mandiri Melalui BUMDES Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa studi kasus, Desa Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Imformasi) Vol, 1 No. 1, Mei 2018.

Ratna Aziz Prasetyo, Peranan BUMDES Dalam Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Dialektika Vol. XI No.1 2016. Hasyemi Rafsanzani, dkk, Kemitraan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Dengan Kepala Desa Dalam Perencanaan Pembangunan Desa (Study Pada Dasa Sumber Ngepoh Kecamatan Lawang Kabupaten Malang), Jurnal Administrasi Public ( JAB), Vol. 1, No. 4,, 2016

Ketut Gunawan, Manajemen BUMDES Dalam Rangka Menekan Laju Urbanisasi, Dalam WIDYATECH Jurnal sains dan Teknologi, Vol. 10 No.3 April 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/slm.v1i1.7023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Salam Islamic Economics Journal published by the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung - Indonesia.