PERAN GEBYAR PELAJAR LAMPUNG (GPL) DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS KEPEDULIAN SOSIAL REMAJA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Rita Yuliana, Aditya Fajar Yudhanto

Abstract


Kepedulian sosial adalah suatu nilai penting yang harus dimiliki oleh seseorang karena terdapat hubungan erat antara nilai kejujuran, kasih sayang, kerendahan hati, keramahan, dan juga kebaikan.Rasa kepedulian seseorang tidak tumbuh begitu saja tanpa adanya rangsangan baik itu berupa pendidikan ataupun pembiasaan tapi diperlukan peran dari berbagai pihak seperti Gebyar Pelajar Lampung yang turut serta berperan mengajak remaja untuk tergabung dalam kegiatannya membangun solidaritas kepedulian sosial pada remaja diKota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah teori solidaritas Emile Durkheim  yang didalamnya terdapat dua jenis solidaritas yakni solidaritas mekanik dan solidaritas organik, dan teori Struktural Fungsional Talcot Parsons yang didalamnya  terdapat konsep AGIL.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gebyar Pelajar Lampung melakukan perannya sebagai lembaga yang bergerak dibidang kepemudaan dalam meningkatkan solidaritas kepedulian sosial pada remaja di Kota Bandar Lampung dengan mengadakan program kegiatan sosial berupa lumbung sedakah pangan atau jumat berbagi, kunjungan panti, aksi gotong-royong bersih-bersih lingkungan, literasi senja atau senja membaca, donasi bencana, serta ekspedisi pelosok Negeri. Faktor pendorong terlaksananya kegiatan solidaritas kepedulian sosial remaja yakni adanya dana yang cukup, dorongan dari diri sendiri, dan ajakan dari teman, sedangkan faktor penghambat yaitu adanya pandemi Covid-19, kesibukan dari masing-masing individu itu sendiri, serta adanya rasa malas


Keywords


Peran, Gebyar pelajar Lampung, Solidaritas, Kepedulian Sosial, Remaja.

Full Text:

PDF

References


Armen, Buku Ajar Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar, Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2015.

Daradjat,Zakiah,Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Giddens,Anthony, Kapitalisme Dan Teori Sosial Modern: Suatu Tinjauan Analisis Karya Tulisan Marx Durkheim Dan Max Weber.

Hafidhuddin, Lingkungan Pendidikan Kepribadian , Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.

Haryanta, Agung Tri, Eko Sujatmiko, Kamus Sosiologi, Surakarta: Aksarra Sinergi Media, 2012.

Hasbullah, “Kearifan Lokal Dalam Membangun Solidaritas Dan Integrasi Sosial”, Sosial Budaya, Vol 9, No2. 2012.

Jahja,Yudrik,Psikologi Perkembangan, 1st ed. Jakarta: Prenamedia Group, 2011.Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: PT Remaja Grafindo Persada, 2005.

Jannah,Miftahul, “Gambaran Identitas Diri Remaja Akhir Wanita yang Memiliki Fanatisme K-Pop di Samarinda”, (Universitas Mulawarman, 2014).

Jones, Teori-Teori Sosial, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2009.

Lisanuddin, N A , “Pola Pembinaan Perilaku Sosial Religius Remaja Perumahan Pandana Merdeka Ngaliyan Semarang” (IAIN Walisongo Semarang, 2009).

Nurul Aisyah, Rina , Aep Rusmana, and Moch Zaenal Hakim, “Kepedulian Sosial Tokoh Masyarakat Terhadap Lanjut Usia Terlantar Di Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakrata,” Jurnal Ilmiah Pekerja Sosial 19, 2020

Ritzer,George,Teori Sosiologi Modern, Edisi Ke 7, Jakarta: Prenamedia Group, 2014.

Ritzer, George,Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

W Sarwono,Sarwito Eko A Meinarno, Psikologi Sosial,Jakarta: Salemba Humanika, 2009.

Waluyo, Ilmu Pengetahuan Sosial, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Yovitaningtyas, Febrianti, “Pengaruh Kepedulian Sosial Terhadap Perilaku Active Defending Pada Peristiwa Bullying Pada Remaja” (Universitas Muhammadiyah Malang, 2017).

Yovitaningtyas,Febrianti, “Pengaruh Kepedulian Sosial Terhadap Perilaku Active Defending Pada Peristiwa Bullying Pada Remaja”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

JL. Sukarame, Kec. Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35131

Website :  http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/sr/index 

 

DESKRIPSI GAMBAR