PERAN REMAJA ISLAM MASJID (RISMA) DALAM MENINGKATKAN AKHLAK REMAJA (STUDI RISMA AL-FATAH DESA TRIRAHAYU KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN)

Dapit Anggara, Tiyas Ferdiyan

Abstract


Banyaknya perilaku menyimpang dan malasnya beribadah bagi para remaja disebabkan karena kegiatan-kegiatan remaja yang buruk, mengabaikan dan jauh dari norma-norma agama. Oleh karena itu maka para remaja sangat membutuhkan tempat sebagai wadah untuk melakukan bimbingan lebih lanjut seperti perkumpulan para remaja Masjid (Risma). Metode penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan partisipan (Field research). Adapun sifat dari penelitian ini adalah Deskriptif naratif yaitu penulis akan mendeskripsikan data temuan lapangan berupa kata-kata yang tertulis bukan berupa data yang berbentuk angka. Berbagai kegiatan keagamaan dan mengalami proses yang panjang secara perlahan mampu meningkatkan akhlak remaja. Indikasi peningkatan akhlak para remaja adalah mereka menjadi taat beribadah kepada Allah Swt, rajin membaca Al-Qur’an, menjadikan akhlak Nabi Muhammad Saw sebagai tauladan, menyayangi dan menghormati kedua orang tua, bermain ditempat yang positif dengan berkumpul di majelis ilmu, bersikap sopan santun dan memiliki rasa empati yang tinggi terhadap orang lain khususnya lingkungan masyarakat. Sedangkan temuan penelitian ini adalah pendelegasian ataupun pemberian tugas dan tanggung jawab kepada para remaja untuk mengelola TPA, merupakan solusi bagi para remaja agar mereka terus aktif, berkreasi dan berinovasi, serta menciptakan kader-kader untuk mempertahankan eksistensi Risma Al-Fatah


Keywords


Akhlak; Remaja Islam Masjid.

Full Text:

PDF

References


A. Mustofa. (2014). Akhlak Tasawuf (ke-VI). CV PUSTAKA SETIA.

Abdul Rohman. (2012). Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja. Nadwa, vol.6(1), 155–178.

Abuddin Nata. (2014). Akhlak Tasawuf (ke-13). Rajawali Pers.

Ahmad Yani. (2021). Manajemen Remaja Masjid. Khairu Ummah.

Amrizal, Subandi, M. K. F. (2020). Effektivitas Taklim Remaja Islam Masjid dalam Membentuk Karakter Remaja di Era Industri 4.0 di Masjid Riyadus Sholihin. Ttractive : Innovative Education Journal, vol.2(1), 126.

Aslati, Silawati, Sehani, & Nuryanti. (2018). Pemberdayaan Remaja Berbasis Masjid. Jurnal Masyarakat Madani, vol.2(3), 2.

Dinda Risky Fauza. (2020). Peran Organisasi Remaja Masjid Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja (Studi Kasus Ikatan Remaja Masjid Jami’ Al Falah Cilandak Tengah III Jakarta Selatan). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Elizabeth B. Hurlock. (1980). Psikologi Perkembangan (kelima). Erlangga.

Ellya Rosana. (2019). KEMISKINAN DALAM PERSPEKTIF STRUKTURAL FUNGSIONAL. Al-Adyan, Vol.14(1), 30.

Goerge Ritzer. (2012). Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Terakhir Postmodern (ke-8). Pustaka Pelajar.

Hendriani Agustiani. (2009). Psikologi Perkembangan (Cet.2). PT Refika Aditama.

Heri Budianto. (2019). Peran Remaja Islam Masjid Bagi Remaja di Era Millenial. Edukasia Multikultura, vol.1(1), 39.

J.R Raco. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Gramedia Widiasrama Indonesia.

Jaenullah, Sudadi. (2020). The Spiritual Role Of Pesantren In Shaping Indonesian Civilized Muslims. Teosofia: Indonesian Journal of Islamic Mysticism, vol.7(2), 94–114.

Jahja, Y. (2013). psikologi perkembangan (ke-3). Prenadamedia Group.

juono, kepala dusun 01 Desa Trirahayu, 2021

Nahed Nuwairoh. (2015). Peran Keluarga dan Organisasi Remaja Masjid Dalam Dakwah Terhadap Remaja. Al-Hiwar, vol.3(6), 9.

Nevihwa, Maya, R., & Yasyakur, M. (2018). Peran Perhimpunan Remaja Masjid At-Taqwa (Permata) Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Masyarakat Kampung Ciampea Ilir Desa Tegalwaru Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. ProsA PAI (Prosiding Al Hidayah: Pendidikan Agama Islam), vol 1(1), 19–27.

Reni Ferlitasari, Suhandi, E. R. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA (Studi Pada Rohis di SMA Perintis 1 Bandar Lampung). Sosio Religia: Jurnal Sosiologi Agama, Vol.1(1), 3.

Sudarsono. (2008). Kenakalan Remaja. PT Rineka Cipta.

Usong. (2018). Cinta Ba’da Magrib (ke-2). CV Syam Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

JL. Sukarame, Kec. Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35131

Website :  http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/sr/index 

 

DESKRIPSI GAMBAR