ETOS KERJA MASYARAKAT PENDATANG ( Studi Empiris masyarakat Kampung Bumi Putra, Kabupaten Way Kanan)

Siti Huzaimah, Idrus Ruslan

Abstract


Abstrak

Pendatang adalah masyarakat yang berpindah dari tempat asalnya ke tempat yang baru. Sebagai orang baru dalam sebuah wilayah baru, masyarakat tentu akan menemui banyak kesulitan dan banyak perbedaan. Tulisan ini akan membahas tentang bagaimana etos kerja para pendatang di lingkungan barunya. Peneltian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan empiris sosiologis.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa etos kerja para pendatang di kampung Bumi Putra dapat dibilang tinggi. Adanya semboyan “ adoh-adoh lungo ninggalne kampung halaman nek gak lueh makmur kui rugi, isin ape tilik kampung halaman nek teko ora gowo opo-opo”, yang maksudnya jauh-jauh meninggalkan kampung halaman tapi kalau kehidupannya tidak ada perubahan yang lebih baik itu rugi, malu dengan tetangga dan keluarga saat pulang kampung halaman jika tidak membawa apa-apa, jika tidak ada perubahan hidup yang lebih mapan.  Rasa gengsi yang tertuang dalam semboyan tersebut secara tidak langsung membuat para pendatang termotivasi untuk giat bekerja dalam melakukan berbagai upaya agar tujuannya tercapai, salah satunya agar tidak merasa malu jika pulang kampung.  Kemudian, tingginya etos kerja masyarakat berdampak pada keberhasilan masyarakat dalam berbagai hal, baik dalam hal sosial, kebudayaan, dan yang utama adalah hal ekonomi. Tingginya etos kerja masyarakat membuat masyarakat menjadi lebih sejahtera kehidupan ekonominya.

 

Key Word: Etos Kerja, Masyarakat Pendatang.


Full Text:

PDF

References


B. Siswanto, Sastrohadiwiryo. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratif dan Operasional), ( Jakarta : Bumi Aksara. 2013.) hlm.119.

Hardjono, Joan .Transmigrasi Dari Kolonisasi Sampai Swakarsa, Jakarta: PT Gramedia, 1997 hal. 102 dalam sebuah Skripsi Kehidupan Masyarakat Transmigran Suku Jawa Desa Satuan Pemukiman 1 Makarti Nauli Kecamatan Kolang Kabupaten Tapanuli Tengah 1996-2005. Repositori Institusi USU, 20118.

Jansen, Sinamo. Delapan Etos Kerja Profesional : Navigator Anda Menuju Sukses. Bogor : Grafika Mardi Yuana, 2005).

Melya Riniarti, Samsul Bahri, Supriadi, . PRODUKTIVITAS KARET PADA LAHAN HKM JAYA LESTARI KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG RUBBER PRODUCTIVITY ON COMMUNITY FOREST JAYA LESTARI, WAY KANAN DISTRICT, LAMPUNG PROVINCE, dalam Gorontalo jurnal of Forerstry Riserch, Vol.1.No.1 2018.

Myrdal, Gunnard. An Approach to the Asian Drama, (New York: Vintage Books, 1970).

Departemen Trasmigrasi dan PPH, VISI, MISI dan Paradigma baru dalam pembangunan Transmigrasi, makalah seminar ketransmigrasian, Puslit kependudukan Unpad, 19 Mei 1999, hlm 3. Dalam Skripsi Ardiyansyah, Mhd, Kehidupan Masyarakat Transmigran Suku Jawa Desa Satuan Pemukiman 1 Makarti Nauli Kecamatan Kolang Kabupaten Tapanuli Tengah 1996-2005, Repositori Institusi USU, 2018.

Qardhawi, Yusuf .Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam, ( Jakarta: Rabbani, 2001).

Ruben & Stewart, communication and human behavior, 2006.

Sri Edi dan Masri singarimbun, Swasono, .transmigra di Indonesia 1905-1985, (Jakarta: UI Press 1986).

Sugiono, Metode Penelitian kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, ( Bandung: Alfabeta, 2014).

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif.( Bandung : Alfabeta:2012)

Weber, Max . The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism, terj. Talcott Parson, (New York: Charles Scribner‟s Son,1958)..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

JL. Sukarame, Kec. Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35131

Website :  http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/sr/index 

 

DESKRIPSI GAMBAR