Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains

Pramita Sylvia Dewi

Abstract


The research objective explained the process of the invention taught himself emphasized in an inquiry, recommended for students with the issues that will be analyzed further, the real action is done through a plan experiments, organizing tangible evidence until the decision with logical thinking, systematic, and critical. The entire process of inquiry that is applied in schools. According to the observer perspective in science, who adopted the role to be students understand that berprofesional in the development of scientific activities. It was based on the belief of scientific attitude as science scientist analyzing a problem with an air of confidence to dare argue, and respect the conclusions obtained using inkuri models. Researchers emphasize issues open inquiry learning usage perspective and guided inquiry that teachers against students in a class, starting with step presentation of the material until the difference between the two. The viewpoint of this research method presented by descriptive qualitative data, this method describe, explain and interpret what the object is. The data collection according to some theories of experts on the implementation of inquiry model and reality on the ground about how teachers apply it with a good inquiry. Based on the findings, it is known relationships inquiry learning implementation positively responded to the understanding of the ability of students, especially in science learning.

Tujuan penelitian menerangkan proses penemuan belajar sendiri yang ditekankan dalam inkuiri, di anjurkan untuk siswa mengenal masalah yang akan di analisa lebih lanjut, tindakan nyata dilakukan melalui rencana eksperimen, melakukan pengorganisasian bukti nyata sampai kepada pengambilan keputusan dengan pemikiran yang logis, sistematis, dan kritis. Keseluruhan proses inkuiri yang diterapkan di sekolah. Menurut sudut pandang peneliti dalam ilmu sains, yang mengadopsi peranan yang harus siswa pahami yakni berprofesional dalam pengembangan kegiatan ilmiah. Hal tersebut dilandasi pada keyakinan sikap ilmiah seperti ilmuan sains menganalisa suatu permasalahan dengan sikap percaya diri dengan berani berpendapat, dan saling menghargai atas kesimpulan yang diperoleh menggunakan model inkuri. Peneliti menitikberatkan permasalahan perspektif penggunaan pembelajaran inkuiri terbuka dan inkuiri terbimbing yang dilakukan guru terhadap siswa di suatu kelas, mulai dengan langkah penyajian materi sampai kepada perbedaan antar keduanya. Sudut pandang metode penelitian ini deskriptif yang tersaji secara data kualitatif, metode ini menggambarkan, menjelaskan serta menginterpretasikan objek apa adanya. Pengumpulan data menurut beberapa teori ahli mengenai implementasi model inkuiri dan kenyataan di lapangan tentang bagaimana guru mengaplikasikan inkuiri tersebut dengan baik. Berdasarkan penemuan, diketahui hubungan implementasi pembelajaran inkuiri ditanggapi positif terhadap pemahaman kemampuan siswa khususnya dalam pembelajaran sains. 

Kata kunci: inkuiri terbuka, inkuiri terbimbng, sikap ilmiah, pembelajaran sains


Full Text:

PDF

References


Artati, J. (2013). Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP dalam pembelajaran IPA terpadu pada tema Cuaca Ekstrim (Skripsi). Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya Edisi Ke 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Carin, A., & Sund, B. (1997). Teaching Science Through Discovery. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Co.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Darling-Hammond, L. & Brannsford, J. Ed. (2005). Preparing teacher for a changing world. San Franciso: Jossy- Bass Publishing.

Dewi. Pramita S. (2015). Implementasi Pendekatan saintifik Terhadap Proses Aktivitas Guru dan Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu. Proceeding SNIPS EDUCATION ITB.

Firman, H. (2007). Analisis Literasi Sains Berdasarkan Hasil PISA Nasional Tahun 2006. Jakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Balitbang Depdiknas.

Gulo. W. (2008). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta. Grasindo.

Hamalik, O. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Sinar Baru.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iswani, S. (2008). Pembelajaran Biologi Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Lab Riil dan Lab Virtual Ditinjau Dari Sikap Ilmiah dan Gaya Belajar Siswa. Tesis Magister UNS Solo: Tidak diterbitkan.

Joyce, B. Weil, M. & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching. Model-Model Pembelajaran (Edisi Kedelapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015 Mata Pelajaran IPA SMP/MTS. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Lang, H. R. & Evans, D. N. (2006). Models, Strategies, and Methods for Effective Teaching. USA: Pearson Education Inc.

McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2001). Research in education: A conceptual introduction (5th ed). New York: Longman.

Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi-Cet 1. Malang: Universitas Negeri Malang.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trowbridge, L. W. & Bybee, R. W. (1990). Becoming a Secondary School Science Teacher. Melbourne: Merril Publishing Company.

Vajoczki, S., Watt, S., Vine, M. & Liao, X. (2011). Inquiry Learning: Level, Discipline, Class Size, What Matters? International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning.

Wartini. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Melalui Inkuiri Terbimbing dan Verifikasi Pada Konsep Fotosintesis Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sain Siswa SMP. Tesis Magister pada Sps UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Zion, M., & Sadeh, I. (2011). Which Type of Inquiry Project Do High School Biology Students Prefer: Open or Guided. Research Science Education. 42, 831-848.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensep-ISSN 2301-7562e-ISSN 2579-7964