Penumbuhan Karakter Islami melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains-Islam

Ahmad Khoiri, Qori Agussuryani, Puji Hartini

Abstract


The Classroom Action Research aims to find out physics learning based on science-Islamic integration can improve learning outcomes and foster the Islamic character of class XI RPL 1 SMK Takhassus Al-Qur'an. The Action research is done in two cycles namely: (1) planning, (2) implementation of corrective action, (3) observation, and (4) reflection. The Research Instrument through Test for learning result data, Observation to observe the implementation of learning and questionnaire of religious attitude and social attitude and Documentation. The results of research shows the application of physics-based learning science-Islamic integration can improve learning outcomes, religious and social attitudes. The Percentage mastery is 74 to 90. Religious attitudes is increased from 72 to 79 and social attitudes is increased from 67 to 76 as evidenced by indicators not cheating or giving cheat and reporting learning activities in a transparent manner. The implementation of learning-based integration of science-Islamic can improve learning outcomes and Islamic characters in the form of honesty and cooperation of students on the physics in the concept of fluid.

 

Penelitian Tindakan Kelas bertujuan mengetahui pembelajaran fisika berbasis integrasi sains-islami dapat meningkatkan hasil belajar serta menumbuhkan karakter islami siswa kelas XI RPL 1 SMK Takhassus Al-Qur’an. Penelitian tindakan dilakukan dua siklus yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Instrumen Penelitian melalui Tes untuk data hasil belajar, Observasi untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran dan angket sikap religious dan sikap sosial serta Dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan penerapan pembelajaran fisika berbasis integrasi sains-islami dapat meningkatkan hasil belajar, sikap religius dan sikap sosial. Prosentase ketuntasan 74 menjadi 90. Sikap religius meningkat dari 72 menjadi 79 serta sikap sosial meningkat dari  67 menjadi 76 yang dibuktikan dengan indicator tidak mencontek atau memberikan contekan serta melaporkan kegiatan belajar secara transparan. Penerapan pembelajaran berbasis integrasi sains-islami dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter islami berupa kejujuran dan kerjasama siswa pada mata pelajaran fisika konsep fluida.


Keywords


Fluida; Karakter Islami; Pembelajaran Sains-Islam.

Full Text:

PDF

References


Aji, S., & Halal, R. (2014). Khazanah Sains dan Matematika dalam Islam. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 1(1).

Ali, M. et all. (2015). Pengembangan Modul IPA Berbasis Karakter Islami Melalui Pendekatan Saintifik Pada Tema Rotasi dan Revolusi Bumi Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inkuiri, 4(2).

Fakhry, J. (2010). Sains dan Teknologi dalam Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Ta'dib, 15(01), 121-142.

Irwandani, I. (2016). Potensi Media Sosial dalam Mempopulerkan Konten Sains Islam. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 173-177.

Masduki, M. (2015). Pendidikan Islam dan Kemajuan Sains: Historisitas Pendidikan Islam yang Mencerahkan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 261-275.

Mulyasa, E. (2010). Praktik penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2010). Metode Research (penelitian ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Rusdiana, A. (2015). Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan Sains Dan Teknologi. JURNAL ISTEK, 8(2).

Sugiyono. (2006). Metode penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif da R & D, Bandung: Alfabeta.

Waston, W. (2014). Hubungan Sains dan Agama: Refleksi Filosofis Atas Pemikiran Ian G. Barbour.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensep-ISSN 2301-7562e-ISSN 2579-7964