Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah: Implementasi di Wilayah Minoritas Muslim

Ismail Suardi Wekke, Ridha Windi Astuti

Abstract


The curriculum has a very important role in the educational process. In Indonesia, the curriculum had changed in several times, including: Kurikulum 1994, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) in 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), and Kurikulum 2013. The focus of this research, is in the implemetation the curriculum 2013 in Muslim minority areas. The Implementation of the curriculum 2013 at MIN Cempaka Putih Jakarta and West Papua Malawele partly already implemented properly and in accordance with the objectives of the curriculum in 2013. The change of the teacher's role as a motivator and facilitator already visible. Where in learning the Arabic language teachers give students to be more able exploring earning materials and teachers have also begun to embed a variety of character education as a team-based learning.


Kurikulum memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan. Kurikulum di Indonesia pernah beberapa kali mengalami perubahan, diantaranya: Kurikulum 1994, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan Kurikulum 2013. Fokus penelitian pada kurikulum 2013 yang di Implementasikan di wilayah minoritas muslim. Implementasi kurikulum 2013 di MIN Cempaka Putih Jakarta dan MIN Malawele Papua Barat sebagian sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan kurikulum 2013. Pergantian peran guru sebagai motivator dan fasilitator sudah terlihat. Dimana dalam pembelajaran bahasa arab guru memberikan siswa agar lebih bisa mengekspolarasi materi pembelajaran dan guru juga sudah mulai menanamkan berbagai pendidikan karakter seperti pembelajaran berbasis tim


Keywords


kurikulum 2013; mmplementasi; wilayah minoritas islam

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Rabiatul; Jamaluddin Z, Wan. (2016). Rekayasa Pendidikan Agama Islam di Daerah Mnoritas Muslim. Tadris:Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 119-132. Diambil kembali dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris

Albantani, A. M. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. Arabiyat, 2(2), 178-191. doi:http://dx.doi.org/10.15408/a.v2i2.2127

Ayuba, M. A. (2012). The Arabic Language: Its Relevance to Nigerian Development. European Scientific Journal, 8(26), 192-202.

ÇUBUKÇU, Z. (2012). The Effect of Hidden Curriculum on Character Education. Educational Sciences: Theory & Practice, 12(2), 1526-1534.

Ekawarna. (2013). Pemahaman Guru SD tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 1(2).

Fahrurrozi, Aziz; Mahyudin, Erta;. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Ibrahim, A. (2014). Tujuan Pendidikan Dalam Aspek Kurikulum Indonesia. Islamic StudiesJournal, 2(1), 174-189.

Iversen, L. L. (2014). Presenting the iterative curriculum discourse analysis (ICDA). British Journal of Religious Education, 36(1), 53-71. doi:http://dx.doi.org/10.1080/01416200.2013.830959

Listiyani, I. M. (t.thn.).

Listiyani, Indriana Mei; Widayati, Ani. (2012). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(2), 80-94.

Marlina, M. E. (2013). Kurikulum 2013 yang Berkarakter. JPIIS:Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Social, 5(2).

Qomariyah. (2014). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 21-35.

Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat, 1(1), 63-78. doi:10.15408/a.v1i1.1131

Sauri, S. (t.thn.). Strategi Pembanguanan Bidang Pendidikan untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu. 1-23.

Sulthon. (2014). Membangun Efikasi Diri untuk Meningkatkan Performansi Siswa Di Sekolah. Elementary, 2(2), 251-267.

Wekke, I. S. (2011). Motivasi Kreativitas, dan Presepsi Siswa dalam Efektivitas Berbahasa Arab (Survei di Madrasah Sekota Sorong). Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Linguistika Academia, 1, 31-34.

Zulkifli, N. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa dengan Menggunakan Running Dictation melalui Materi Agama Di SD IT Al-Fittiyah Pekan Baru. Kutubkhanah, 17(2), 175-197.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensep-ISSN 2301-7562e-ISSN 2579-7964