Pengembangan Film Animasi dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar di SMA

Firma Rean Kasih

Abstract


This study aims to produce a physics film animation on the topic of equilibrium of rigid body which is valid, practical and effective. The type of research used is research and development and the object are a film animation and the students of class XI IA1 SMAN 1 Lubuk Alung. The research procedures include: identifying potentials and problems, gathering information, developing designs, validating designs, revising designs, and piloting product. The data collection instrument consists of: expert's validation sheet, observation sheet, teacher and student questionnaire, and objective test sheet. Data analysis technique used are data interpretations in graphs, descriptive analysis and correlation comparison test. The results present that the design of the animated film is feasible with validity value 4.37. The using of animation film is very practical with the percentage of practicality 90.17%. Therefore, the film is effective, shown by a significant increase in learning outcomes in the cognitive domain.


Penelitian bertujuan menghasilkan film animasi fisika pada materi kesetimbangan benda tegar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan objek penelitian adalah film animasi dan siswa kelas XI IA1 SMAN 1 Lubuk Alung. Prosedur penelitiannya meliputi: mengenal potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mengembangkan desain, memvalidasi desain, merevisi desain, dan uji coba produk. Instrumen pengumpul data terdiri dari: lembar validasi tenaga ahli, lembar observasi keterlaksanaan, angket respon guru dan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah interpretasi data dalam grafik, analisis deskriptif, dan uji perbandingan berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain film animasi layak dengan nilai kevalidan 4,37. Penggunaan film animasi sangat praktis dengan persentase kepraktisan 90,17%. Terakhir, penggunaan film animasi efektif ditandai dengan peningkatan hasil belajar yang berarti pada ranah kognitif.



Keywords


film animasi; kesetimbangan benda tegar; fisika; validitas; efektivitas

Full Text:

PDF

References


Hadjar, Ibnu. (1996). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33-42.

Istova, M., & Hartati, T. (2016). Pengaruh Media Film Animasi Fiksi Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 72-86.

Mc Quail, Dennis. (1997). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Mukhlishoh, M., & Khisbiyah, I. (2015). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA (Studi Penelitian di MI AN-NUR Kota Cirebon). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2).

Mulyardi. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dalam Bentuk Komik pada Sekolah Dasar di Kota Padang. Penelitian Hibah Bersaing 2006. Departemen Pendidikan Nasional.

Netty. (2005). Pengaruh Penggunaan Media Komik Biologi Untuk Hasil Belajar Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Angkat Candung Tahun Pelajaran 2005. (Unpublished Bachelor’s Thesis). UNP, Padang.

Nugroho, Sari Dewi. (2003). Pengaruh Penggunaan Media Kartun Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I SLTPN 3 Batusangkar (Unpublished Bachelor’s Thesis). UNP, Padang.

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Slameto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakata: Bumi Aksara.

Sudjana. (2001). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surapranata, Sumarna. (2005). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensep-ISSN 2301-7562e-ISSN 2579-7964