Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

M Yusuf T., Mutmainnah Amin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengukur efektifitas metode mind map berbantuan grafik bervariasi terhadap hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode eksperimen desain treatment by level. Sampel ditentukan secara multiple random terhadap siswa MTs Negeri Balang-Balang Kab. Gowa, Sulawesi Selatan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis variansi (ANAVA) dua arah dengan interaksi dan uji lanjut Tukey. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan mind map berbantuan grafik bervariasi lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan metode sama tanpa grafik bervariasi. Kesimpulan tersebut megindikasikan bahwa grafik bervariasi dalam pembelajaran dengan metode mind maplebih efektif dan menunjukkan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Kata kunci: mind map, grafik bervariasi, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF

References


Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Chen, C dan Jeng-Fung H. (2014). The Effects of Teaching with Graphics Organizers on the Thingking Organizers of Students. US-China Education Review, (4) 4, 261-267.

Fathani, A. H., dkk. (2012). Matematika: Hakikat & Logika. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghufron, M. N., dan Rini, R. S. (2012). Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Orey, M (ed). Emerging Perspectives on Learning, Teaching, and Technology. dalamhttp://projects.coe.uga.edu/epltt/

Putra, Y. P. Memori dan Pembelajaran Afektif Cet.I; Bandung: Yrama Widya, 2008.

Reigeluth, C. M. (1987). Instructional Theories in Action, Lessons Illustrating Selected Theories and Models. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates inc.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alphabet.

Suntiko, M. Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran: Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Lombok: Holistica.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yaumi, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran Efektif.Makassar: Alauddin University press.

Yusuf T., M. (2013). Teori Belajar dalam Praktek. Makassar: Alauddin Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v1i1.893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensep-ISSN 2301-7562e-ISSN 2579-7964