MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.10639

Abdul Latif Arung Arafah, saiful saiful, Lusi Widiyastuti, Heru Juabdin Sada

Abstract


Multiple intelligence paradigma yang berkembng bahwa kecerdasan terletak pada otak, hanya dapat dinilai dari intelligent quetient atau IQ nya saja. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kecerdasan itu banyak, multidimensi, menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kecerdasan jamak atau multiple intelligence. Jenis penelitian ini adalah library research, ragam penelitian studi teks kewahyuan. Sumber data;  primer dan data sekunder. tekhnik pengumpulan data berupa dokumentasi. Pendekatan analisis perspektif interpretatif. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing bahasan tentang kecerdasan jamak atau multiple intelligence dapat ditemui di dalam Al-Qur’an; kecerdasan matematika-logika ada dalam Q.S Ali-Imran[3]: 190-191, kecerdasan bahasa/linguistik ada dalam Q.S Ar-Rahman[55]: 1-4, kecerdasan interpersonal ada dalam Q.S Al-Hujurat: 13, kecerdasan intrapersonal ada dalam Q.S Al-Isra’[17]: 36, dan kecerdasan naturalis ada dalam Q.S Al-Qashas[28]:77. Selanjutnya kecerdasan matematika-logika, kecerdasan bahasa/linguistik dan kecerdasan intrapersonal masuk ke dalam ranah fitrah dalam kaitannya dengan pendidikan Islam. Sedangkan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan naturalis termasuk kepada akhlak dalam kaitannya dengan pendidikan Islam. Relevansi antara multiple intelligence atau kecerdasan majemuk itu sendiri dengan pendidikan Islam berupa potensi fitrah, akhlak mendapat berbagai dukungan yang positif dari lingkungannya, maka hal tersebut akan berkembang dengan baik, seimbang dan optimal

Keywords


Al-Qur’an, Multiple Intelligence, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Arifah, S. E. (2017). Pendidikan akal dalam perspektif Al-Qur’an (analisis Tafsir Tahlili Al Qur’an Surat Ali Imran ayat 190-191). UIN Walisongo.

Atabik, A. (2018). Pendidikan dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 149–166.

Bahri, S., & Muzaki, I. A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 6(2), 149–149.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Burga, M. A. (2019). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Al-Musannif, 1(1), 19–31.

Busthomi, Y. (2021). Sebelas Modal Agar Menjadi Guru Yang Dicintai Oleh Peserta Didiknya. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 181–200.

Cahyo, D. D. (2021). Analisis Konsep Kecerdasan Perspektif Howard Gardner Dalam Buku Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) Dan Relevansinya Dalam Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam (PAI). UIN FAS Bengkulu.

Dharin, A. (2019). Model Pendidikan Islam Berbasis Kecerdasan Ganda. Didaktika Islamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammdiyah Kendal, 10(Nomor 1), 1–32.

Efendi, M. Y. (2018). Konsep Multiple Intelligences Dan Implementasnya Dalam Mengembangkan Kecerdasan Peserta Didik Di Sd Kita Bojonegoro. JEC (Journal of Education and Counseling), 1(2), 123–131.

FIKRI, A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Pendekatan Multiple Intelligence Di Smp Muhammadiyah 1 Gisting Tanggamus. UIN Raden Intan Lampung.

Hakim, N. (2018). Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual dalam Perspektif Bidayatul Hidayah. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(2), 218–233.

HAMIDAH, Q. R. N. (2015). Penggunaan Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menurut Perspektif Munif Chatib. IAIN PURWOKERTO.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Indriani, F. W. (2017). Pengembangan Kecerdasan Bahasa pada Siswa di SD IT Az Zahra Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. IAIN.

Labudasari, E., & Sriastria, W. (2018). Perkembangan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon, 5–6.

Magdalena, I., Pasyah, F. A., & Hasanah, N. (2020). Implikasi Perbedaan Individu Peserta Didik Sekolah Dasar. PENSA, 2(3), 283–297.

Makrufi, A. D. (2018). Model Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Multiple In℡Ligences Perspektif Munif Chatib. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 153–170.

Maqbulah, A. (2021). Kajian Referensi tentang: Biaya Pendidikan Mandiri yang Berorientasi pada Mutu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 354–359.

Moh, Z. F. (2020). Pendidikan Humanis dalam Pendidikan Islam Perspektif Abdul Munir Mulkhan Dan Hasan Langgulung, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura Pamekasan. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

Mualimin, M. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Terpadu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 99–116.

Mustaqim, A. (2017). Pendidikan Humanisme Ki Hajar Dewantara. Tafhim Al-’Ilmi, 9(2).

NORYANI, I. I. (2019). Implementasi Permainan Navigasi Arah Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia Dini Di RA NU Mawaqi’ul Ulum Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. IAIN KUDUS.

Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. M. K. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 121–135.

Sada, H. J. (2016). Manusia Dalam Perspsektif Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 129–142.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Sholeh, K. (2016). Kecerdasan Majemuk Berorientasi pada Partisipasi Peserta Didik. Pustaka Pelajar.

Solikah, N. I. (2019). Program full day shcool sebagai upaya pengembangan multi intelegensi siswa sdmt ronowijayan siman ponorogo. IAIN Ponorogo.

Sugandi, A., Tanjung, H. B., & Rusli, R. K. (2017). Peran Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Tadbir Muwahhid, 1(2), 99–115.

Suminto, S. (2020). Asas Psikologis dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam Perspektif Hasan Langgulung. Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 9–26.

Susiyani, A. S. (2017). Manajemen boarding school dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 327–347.

Syafiqurrohman, M. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak Integratif-Inklusif. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 37–48.

Tidjani, A. (2017). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Reflektika, 12(1), 96–133.

US, K. A., & Sohiron, S. (2020). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Revolusi Modern Di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 9–17.

Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 1–16.

Wulandari, F., & Hidayat, T. (2021). Konsep Pendidikan Holistik Dalam Membina Karakter Islami. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 157–180.

Zaini, A. (2021). Konsep Pendidikan Islam Integratif Dalam Ideologi Liberalisme. Akademika, 15(1).




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.10639

Article Metrics

Abstract views : 255 | PDF downloads : 122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.