PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.11221

Abdurrahman Harun, Nur Asiah, Cahniyo Wijaya Kuswanto, Ahmad Iqbal, Nova Diadara

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi dari sumber belajar yang belum memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam proses pembelajaran, model hybrid learning (menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan online) dapat melibatkan peserta didik dan guru agar saling berinteraksi setiap saat dan di mana saja. Pembelajaran ini juga menekankan peserta didik untuk belajar mandiri dengan memanfaatkan berbagai sumber guna untuk menambah wawasannya. Mengetahui pengaruh model pembelajaran hybrid learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam merupakan tujuan penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitati dengan jenis penelitian quasi experiment. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas kontrol dan  kelas eksperimen diperoleh thitung  sebesar thitung = 1,72888 dan ttabel = 1,31946 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari perhitungan uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran hybrid learning dalam hasil belajar (kognitif) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 


Keywords


model pembelajaran hybrid learning; hasil belajar; pendidikan agama islam

Full Text:

PDF

References


Aristika, A., Darhim, ., Juandi, D., & Kusnandi, . (2021). The Effectiveness of Hybrid Learning in Improving of Teacher-Student Relationship in Terms of Learning Motivation. Emerging Science Journal, 5(4), 443–456. https://doi.org/10.28991/esj-2021-01288

Fong, J., Kwan, R., & Wang, F. L. (2008). Hybrid Learning and Education: First International Conference, ICHL 2008 Hong Kong, China, August 13-15, 2008 Proceedings. Springer. https://books.google.co.id/books?id=Cy0YwEofp2oC

Goss, H. (2022). Student Learning Outcomes Assessment in Higher Education and in Academic Libraries: A Review of the Literature. The Journal of Academic Librarianship, 48(2), 102485. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102485

Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 tahun 2003, 20 57 (2003).

Masduki, M. (2015). Pendidikan Islam dan Kemajuan Sains: Historisitas Pendidikan Islam yang Mencerahkan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 261. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.261-275

Muh Yusuf Hidayat, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN PANGKEP. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2).

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867–875. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.170

Nørgård, R. T. (2021). Theorising hybrid lifelong learning. British Journal of Educational Technology, 52(4), 1709–1723. https://doi.org/10.1111/bjet.13121

Nuraeni, S. A. S. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal Belaindika, 01(01).

Observasi Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (n.d.).

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ptjuDwAAQBAJ

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Qur’an Kemenag. (2020).

Rohinah, R. (2013). Filsafat pendidikan Islam; Studi filosofis atas tujuan dan metode pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 309. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.309-326

Saputra, D. N., Kholil, A., Selegi, S. F., Setia, A., Sinaga, K., Farisi, A., & Suardi, M. (2021). Landasan Pendidikan. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=xLc8EAAAQBAJ

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=kQ1SDwAAQBAJ

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Umar. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Sinar Grafika Offset.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Elektronics, 1(2).

Wijayanti, R., Hasan, B., & Loganathan, R. K. (2018). Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 53. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207

XI, S. K. (2021). Wawancara Dengan Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kalianda.

Yusuf, A. R. (2021). Wawancara Dengan Guru Pendidikan Agama Islam.




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.11221

Article Metrics

Abstract views : 862 | PDF downloads : 509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.