Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam

Ryuzen Ryuzen

Abstract


Sebagai subsistem pendidikan nasional, maka pendidikan islam seharusnya turut berkontribusi dalam membangun dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dengan menciptakan generasi terbaik (khairunnas/goden generation) yaitu generasi yang berprestasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai tujuan tersebut maka pendidikan Islam harus dikelola secara maksimal melalui Lembaga Pendidikan Islam (LPI). Pengelolaan Lembaga pendidikan islam yang jumlah dan bentuknya sangat banyak tentu memerlukan strategi tersendiri untuk mencapai produktivitas dan out put yang berkualitas. Berbagai konsep dan pemikiran terkait dengan strategi pengelolaan sangat diperlukan agar Lembaga Pendidikan Islam tidak l;agi dianggap sebagai lembaga pendidikan kelas dua yang belum mampu memenuhi kepercayaan dan kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas. Dalam tulisan ini ditawarkan dua strategi pengelolaan yaitu strategi umum dan strategi khusus. Secara umum ditawarkan strategi berdasarkan konsep Sirozi yang meliputi strategi substantive, bottom-up, deregulatory, dan cooperative. Sedangkan secara khusus penerapam fungsi-fungsi Manajemen Pendidikan Islam (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan/pengarahan dan pengawasan) secara komprehensif dan konsisten dinilai sebagai langkah strategis yang cerdas dan futuristik.

Keywords


Strategi Pengelolaan, Lembaga Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


A., B., & I., B. (1995). The Social Work Supervisor. Supervisor in Comunity, Day

Care and Residential Settings. Buckingham: Open University Press.

Akmal, H. (2005). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Palembang: Raden Patah

Press.

Alim, N. (2010, Agustus 5). Lembaga Pendidikan Islam. Retrieved September 5,

, from Prodi BPI Dakwah:

https://prodibpi.wordpress.com/2010/08/05/lembaga-pendidikan-islamantara-realitas-dan-kemestian-pengembangannya/

Arcaro, J. S. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan dan

Tata Langkah Penerapan (Terj. Yosai Triantara). Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Casteter, W. B. (1992). The Personel Function in Educational Administration.

(Third Edition). New York: Mc Millan Publishing Co., Inc.

Chusnul Chotimah dan Muhammad Fathurrohman. (2014). Kompplemen

Manajemen Pendidikan Islam: Konsep Integratif Pelengkap Manajemen

Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Harahap, S. (1998). Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi. Yogyakarta:

Tiara Wacana.

Sada, H. J. (2015). Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-Tadzkiyyah: Jurnal

Pendidikan Islam, 6(1), 93–105.

Ibrahim, M. B. (1997). Amanah Dalam Manajemen. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Kurikulum, P. (2016, Oktober 24). Pengertian Lembaga Pendidikan Islam.

Retrieved September 30, 2017, from www.portalkurikulum.blogspot.co.id:

http://portalkurikulum.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-lembagapendidikan-islam.html

Kurikulum, P. (2016, Oktober 22). Prinsip-Prinsip Lembaga Pendidikan Islam.

Retrieved September 30, 2017, from www.portalkurikulum.blogspot.co.id:

ttp://portalkurikulum.blogspot.co.id/2016/10/prinsip-prinsip-lembagapendidikan-islam.html

Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Muhaimin dan Abdul Mujib. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung:

Trigenda Karya.

Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini. (2012). Implementasi Manajemen

Peningkatan Mutu Pendidikan Islam: Peningkatan Lembaga Pendidikan

Islam Secara Holistik (Praktik dan Teoritik). Yogyakarta: Teras.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rusmaini. (2014). Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.

Sukarji, & Umiarso. (2014). Manajemen Dalam Pendidikan Islam: Konstruksi

Teoritis Dalam Menemukan Kebermaknaan Pengelolaan Pendidikan Islam.

Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sulistyorini, M. F. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu

Pendidikan Islam: Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik

(Praktik dan Teoritik). Yogyakarta: Teras.

Wahyuni, S. (2014, Desember 6). Lembaga Pendidikan Islam. Retrieved

Desember 30, 2017, from Info Pendidikan:

http://duniapendidikan33.blogspot.co.id/2014/12/lembaga-pendidikanislam.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © IAIN Raden Intan LampungAll rights reserved.