Peningkatan Pembelajaran Iqro’ Di SLB Tuna Rungu Sukarame Bandar Lampung Melalui Quantum Learning

Imam wahyudi, Jimy hariyanto

Abstract


Setiap anak harus memperoleh pengajaran membaca, tidak terkecuali anak
tunagrahita. Setelah memperoleh pengajaran membaca diharapkan anak akan mampu
memahami informasi lewat tulisan dan mampu memanfaatkannya dalam kehidupan
sehari-hari. Namun tidak mudah pengajara membaca bagi anak tunagrahita. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Iqro’ dengan menggunakan metode
quantum learning dan mengetahui efektifitas metode Quantum Learning untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SLB Tuna PKK Provinsi Lampung.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action
research yang dilakukan di dalam kelas saat proses belajar mengajar berlangsung, dalam
proses penerapannnya, penelitian ini terdiri dari beberapa siklus dan tahapan. Penelitian
ini terdiri dari tiga siklus terhadap 5 siswa, yang terdiri dari 2 siswi dan 3 siswa. Setiap
siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe
(pengamatan), dan reflect (refleksi). Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan secara induktif,
deduktif, dan statistic jenis TDF. Hasil penelitian ini menunjukkan: proses pembelajaran
Iqro’ menggunakan metode quantum learning dapat berlangsung dengan baik dalam tiga
siklus dan dilakukan dengan 6 tahapan, yaitu memupuk sikap juara siswa,membiasakan
membaca, membiasakan menulis, penataan lingkungan belajar, melatih memori anak,
melatih anak belajar kreatif. Dari tehapan tersebut, tujuannya adalah mengajak siswa
untuk belajar secara aktif, dinamis, komunikatif dan senang. Sehingga proses belajar
tidak dirasakan sebagai ruang formal yang menjenuhkan. Pada aspek yang lain,
penerapan metode dalam mepenyajian evasluasi belajar siswa sebagai sesuatu hal yang
terkesan menarik dan menantang. Dengan penerapan metode quantum learning ini dapat
membantu guru dalam membenahi kelemahan-kelemahan mengajar serta belajar siswa,
yaitu penyederhanaan teori ke dalam main mapping (peta konsep) sehingga materi
pembelajaran mudah diingat. Disamping itu, metode ini dapat juga diterapkan pada
pembelajaran bahasa maupun bidang-bidang pelajaran yang lainnya.

Keywords


Metode, Quantum Learning, prestasi, Iqro’.

Full Text:

PDF

References


Aminuh Hadi dkk, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung : Tiara Pustaka,1998.

Bobbi De Porterndang dan Mike Hernacki, Quantum Learning, Terjemah,

Bandung : Kaifa, 2001.

Bobi De Porter dan Mike Hernacki, Quantum Learning ( Membiasakan Belajar,

Nyaman, Menyenangkan ). Bandung : Kaifa, 2003.

Bruce jayce dkk, Models of teaching Terjemah, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.

Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Metode-metode mengajar AlQur'an di sekolah-sekolah Umum, 1994/1995.

Draden Gordon dan Dr. jenette, The Learning Revolution, Bandung; Kaifa,2000.

Maimunah Hasan, Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta : DIVA Press, 2010.

Mardiati Busono, Kebebasan Belajar Bagi Tuna Rungu, Jakarta: Pustaka Ilmu ,1997.

Mardiati Busono, Pendidkan Anak Tunarungu, Yogyakarta : IKIP, 1983.

Milly R, Mahir Berbahasa Visual, Terjemah, Bandung : Mizan Media Utama,2002.

Muhammad Tholchah Hasan, Diaskursus Islam dan Pendidikan, PT Bina

Wiraswuasta Insan Indonesia, 2000.

Permanarian dan Dra. Tati Hernawati, Ortopedagogik Anak tunarungu, Bandung :

DEPDIKBUD, 1995.

Purwodarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Depdiknas, 1984.

Rochiati Wiriaatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : PT.

Remaja Rosdakarya, 2007.

Ronald Edward, Kebebasan Belajar bagi Tunarungu, Jakarta : Pustaka Ilmu. 1997.

Suharsimi Arikunto dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Sinar Grafika Offset, 2008.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Yogyakarta : Andi Offset, 1991.

Sada, H. J. (2015). Konsep Pembentukan Kepribadian Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an (Surat

Luqman Ayat 12-19). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 253–272.

Sada, H. J. (2016). Manusia Dalam Perspsektif Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan

Islam, 7(1), 129–142.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © IAIN Raden Intan LampungAll rights reserved.