Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung

Yetri hasan, Rijal Firdaos

Abstract


Penelitain Ini memiliki tujuan untuk melihat upaya sekolah dalam melakukan penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat, khususnya terkait dengan bagaimana membangun partisipasi dan kolaborasi antara sekolah dengan masyarakat dalam mensukseskan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dengan kegiatan ekstrakuikuler sekolah.Penelitian Ini merupakan penelitian Kualitatatif sebagai penelitian ini menggunakan latar alamiah, dengan tujuan menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan cara melibatkan beberapa metode yang ada. Dalam melakukan pengumpulan data, penelitian ini menggunakan FGD, wawancara dan observasi. Selanjutnya data diolah secara kuantitatif Dari hasil penelitian. Pertama; bahwa kemampuan sekolah membagun kolaborasi dan perlibatan masyarakat dalam PPK, masih mengahadapi berbagai kendala dan dapat dikategorikan belum optimal. Kedua; pada umumnya masyarakat berantusias menyambut program PPK, dan memiliki kemauan untuk berpartisipasi aktif dalam ikut mensukseskan program PPK. Ketiga; sekolah selama ini belum menemukan desain kegiatan atau desain implementasi yang sesuai kebutuhan sekolah (minat, bakat, kemampuan dan kreatifitas sekolah serta kearifan lokal di lingkungan sekolah). Dan keempat; desain model implementasi PPK melalui kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan dalam penelitian ini, masih merupakan model dasar, yang bisa diadopsi dan dimodifikasi oleh sekolah yang menyesuaikan kondisi sekolah, kesediaan dan kesiapan masyarakat.

Keywords


Pendidikan Karakter dan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Almerico. (2014), Building Character Through Litery With Children’s literature,

Albertus,

Doni Koesoema. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman

Global. Jakarta : PT Grasindo

Anthony D Smith. (2006). Nasionalisme Teori, Ideologi , Sejarah. Jakarta:

Erlangga.

Aqib, Z dan Sujak. 2012. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung:

Yrama Widya.

Davidson. (2014), A Charater Education Research Perspective For The 21 st.

Century, Journal.

Depdiknas. 2010. Pedoman Pendidikan Karakter di SMP, Pusat Kurikulum,

Jakarta.

Depdinas. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budayadan Karakter Bangsa:

Pedoman Sekolah. Pusat Kurikulum, Jakarta

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal

Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan

Nasional. 2010. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama”.

Elkind, David H and Freddy Sweet (2004). How to Do Character Education.

Tersedia: http://www.goodcharacter.com/Article_4.html (15-09- 2011).

Effendi, Muhajir. (2016), Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter,

Kemendikbud. Jakarta.

Hidayatullah, M. Furkom, (2010), , Guru Sejati Membangun Insan Berkarakter

Kuat Cerdas, Surakarta, Yuma Pustaka

Kesuma, Dharma dkk, 2011, Pendidikan KArakter, Kajian Teori dan Praktik di

Sekolah Bandung: PT Rosdakarya

Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh, Yogyakarta:

Penerbit Kanisius, 2012.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How our Schools can teach

Respect and Responsibility. New York : Bantam Books.

……………….. (2004). Character Matters How to help Our Children Develop

Good Judgement, Integrity, and Other Essential Virtues. New York :

Simon & Schuster

. ……………… (2013) Pendidikan; Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi

Pintar dan Baik.

Megawangi, Ratna.(2004). Pendidikan Karakter Solusi yang tepat untuk

Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation

………………… (2007), Character Parenting Space Bandung: Read.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Mu’in, Fathur. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik

Urgensi Pendidikan Progresif dan Revitalisasi Peran Guru dan Orang

Tua. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter menjawab Tantangan Krisis

Multidimensional. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Prestwich, (2013), Character Education In America’s Schools, The School

Jurnality

Sada, H. J. (2015). Konsep Pembentukan Kepribadian Anak Dalam Perspektif AlQur’an (Surat Luqman Ayat 12-19). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan

Islam, 6(2), 253–272.

Said, M. (1976). Kajian Tentang Moral. Bandung : Angkasa.

Samami, Muclas dan Hariyanto, (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter,

Bandung: Remaja Rosdakarya

Sihombing.Umberto (2001).Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis

Masyarakat. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Amri, Ahmad Jauhari & Tatik Elisa. 2011. Implementasi Penidikan Karakter

Dalam Pembelajaran, Jakarta, P. Pustakarya.

Sunyoto. (2013), Bentuk Karakter Melalui Pelajaran Matematika. Makalah.

Seminar Nasional Pendidikan Matematika "Bentuk Karakter Melalui

Pelajaran Matematika" 04/Juni/2013 tersedia di

http://www.unipasby.ac.id

Suyanto.( 2010), Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama.

Jakarta. DIKTI T.

Ramli (2003), Pendidikan Karakter. Jakarta : Grassindo.

Wahab, A.A. & Sapriya (2011). Teori dan Landasan Pendidikan

Kewarganegaraan. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © IAIN Raden Intan LampungAll rights reserved.