Implementasi Excellent Service Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandar Lampung

Jamal Fakhri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganilis kemampuan MAN 1 dalam menerapkan excellent service dalam bidang pendidikan. Data dikumpulkan melalui (i) wawancara, menggunakan panduan wawancara (interview guide) berupa rincian data pertanyaan yang akan diberikan kepada kepala sekolah, kepala tata usaha, tenaga administrasi, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarana prasarana, waka hubungan masyarakat, bendahara komite, bendahara pengeluaran, peserta didik dan pustakawan. (ii) observasi , yaitu non partisipan pasif. Peneliti tidak ikut campur dengan kegiatan administrasi sekolah secara keseluruhan. (iii) Studi dokumentasi yaitu metode untuk mencari data melalui hal-hal seperti catatan, hasil wawancara, foto kegiatan administrasi di sekolah. Hasil studi dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa peneliti sudah melaksanakan penelitian di lapangan observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan Hasil dari penelitian ini yaitu: Program peningkatan mutu pendidikan di MAN 1 secara umum sesuai dengan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Program-program peningkatan mutu pendidikan telah dirumuskan meski masih bersifat global.

Keywords


Implementasi, Excellent Service dan Madrasah

Full Text:

PDF

References


Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima, Jakarta: Elex Media

Komputindo

Danim, Sudarwan. 2007. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta : Bumi

Aksara

Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung : Alfabeta.

Davidow, William H. & Bra Uttal, 1989. Total Customers Service: The

Ultimate Weapon. New York : The Free Press

Dewantoro, Ki Hajar. 1962. Bagian Pertama: Pendidikan. Jogjakarta : Taman

Siswa.

Dwiyanto, Agus. et.al. 2003. Governance Practices and Regional Autonomy:

Evidence from Governance and Desentralization Survey (GDS) 2002.

Mimeographed. Yogyakarta: Gadjah Mada University

-----------. 2005. Mewujudkan Good Government Melalui Pelayanan. Publik.

Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.

Jakarta: Rajawali Press.

Heller, Robert. 2001. Riding the Revolution: How Businesses Can and Must

Transform Themselves to Win the E-Wars. London: Profile Books

Limited

Heryanto, Yanto. 2014. Implementasi Good Governance Terhadap

Peningkatan Pelayanan Publik Di Indonesi. Jurnal Logika Vol. XII

No. 3

Holsinger, Donald B. & Richard N. Cowell. 2000. Positioning Secondary

School Education in Developing Countries. Paaris: International

Institute for Educational Planning/UNESCO

Ismaun. 2007. Filsafat Administrasi Pendidikan. Bandung: Universitas

Pendidikan.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN), Nomor

/KEP/M.PAN/7/2003, Tentang Pedoman Umum

Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Moenir, AS (1998) Manajemen Pelayanan Publik, Jakarta Bina Aksara

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Normann, Richard. 1991. Service Management : Strategy and Leadership in

Service Business, Chicester, England: Wiley & Son.

Nurhasyim. 2004. Pengembangan Model Pelayanan Haji Departemen

Agama Berdasarkan Prinsip Reinventing Government Yang

Berorientasi Pada Pelanggan di Kabupaten Gresik. Tesis.

Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga

Pasolong, Harbani.2007.Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta

Poerwandari, E.K. 2011. Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku

Manusia. Depok : LPSP3 UI

Prawirosentono, Suyadi. 2007 . Filosofi Baru tentang Manajemen Mutu

terpadu abad 21. Jakarta: Bumi Aksara

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Putra Timur

Rochaety, Eti, dkk. 2005 . Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta :

Bumi Aksara

Ruswidiono, R. Wasisto. 2011. “Peningaktan Mutu dan Benchmarking

Perguruan Tinggi”. Media Bisnis, Edisi September

Sagala, Syaiful. 2005. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung:

Alfabeta

-----------. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat. Bandaung :

Alfabeta

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management In Education (alih Bahasa

Ahmad Ali Riyadi ). Jogjakarta : IRCiSoD

Sidi, Indra Djati.2003. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta : Logos

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sumayang, Lalu. 2003. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : Salemba

Empat

Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Refika

Aditama

Sutopo, Adi Suryanto, 2003. Pelayanan Prima.Lembaga Administrasi

Negara (LAN). Jakarta

Thoha, Miftah. 1995. Kepemimpinan dalam Manajemen, PT Raja Grafindo

Persada: Jakarta

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta :Balai Pustaka

Tjiptono, F., dan Diana, A. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta:

Penerbit Andi

Wahid, Ali Abdul. 2017. Reformasi Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal

TAPIs No. 14 Vol. 01 Januari-Juni 2017

Watson, Gregory H. 1993. Strategic Benchmarking. New York: John Wiley

and Sons

Zamroni. 2007 . Meningkatkan Mutu Sekolah . Jakarta : PSAP Muhamadiyah




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © IAIN Raden Intan LampungAll rights reserved.