Studi Pengembangan Arah Kebijakan Penguatan Kegiatan Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri Pada Bidang Pengembangan Bakat, Minat, Penalaran Dan Kewirausahaan Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung

syaiful Anwar, Rifda El- Fiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mendapatkan arah kebijakan penguatan kegiatan kemahasiswaan pada bidang pengembangan bakat, minat penalaran dan kewirausahaan yang dijalankan di UIN Raden Intan Lampung. (ii) dapat memberikan arah pengembangan kebijakan yang 1ealistic dalam rangka penguatan program kegiatan kemahasiswaan pada bidang pengembangan bakat, minat penalaran dan kewirausahaan di UIN Raden Intan Lampung. (iii) Bagaimanakah civitas akademika dan kelembagaan UIN Raden Intan Lampung memandang pengembangan arah kebijakan penguatan kegiatan kemahasiswaan pada bidang pengembangan bakat, minat, penalaran dan kewirausahaan?, Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development, R & D) yang disesuaikan, yang melibatkan tahap define, design, and
develop (Thiagarajan, et al., 1974). Penelitian dilakukan berdasarkan desaign yang dapat digambarkan pada skema gambar 2.1 kemahasiswaan bidang penalaran di tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan dan Program Studi, (5) Penyusunan arah kebijakan penguatan kegiatan kemahsiswaan pada bidang penalaran. Pada tahun kedua akan dilakukan Piloting dan Evaluasi Terbatas, sedangkan pada tahun yang sama juga akan dilakukan Perluasan Piloting dan Evaluasi, hasil penelitian ini adalah (i) Masalah pendanaan program pengembangan bidang kemahasiswaan khususnya pada bidang penalaran mahasiswa selama ini dinilai kurang mendapatkan perhatian secara serius sehingga berimbas kepada prestasi para mahasiswa yang menikuti program pengembangan bidang penalaran tersebut yaitu sangat minim prestasi yang diperoleh bahkan sering tidak ikut dalam percaturan ajang lomba bidang penalaran. (ii) Arah kebijakan penguatan kegiatan kemahasiswaan pada bidang pengembngan bakat, minat penalaran dan kewirausahaan mahasiswa yang perlu dijalankan UIN adalah melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen, mengembangkan program kewirausahaaan mahasiswa, mengkaitkan kegiatan PKM dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN), membentuk tim khusus terkait penguatan penalaran mahasiswa, memantapkan program agenda rutin tahunan kegiatan penalaran, serta mengembangkan program pembinaan bakat, minat penalaran dan kewirausahaan mahasiswa yang melingkupi PKM, karya ilmiah, seminar, seni dan budaya, olah raga c dan kegiatan sejenis lainnya.

Keywords


Pengembangan Arah Kebijakan Kemahasiswaan, Pengembangan Bakat, Minat, Penalaran Dan Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Al-saket, A. (2003) A Case Study of Total Quality Management in a Manufacturing and Construction Firm (Online). Tersedia: http// amar alsaket@gmail.com ujdigispace. Uj.ac.za:8080/dspace/bitstream/10210/1974/1/ Al-saket (TQM%20, (14 Maret 2010

Abdul Aziz Wahab, (2006) Anotomi Organisasi Kepemimpinan Pendidikan Telaah Terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan. Bandung:

Arif Furchan, (2004) Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Jogjakarta Pustaka Pelajar Ofside,

Arikunto, S. (1997) Penelitian Pendidikan, Suatu Pendekatan Praktik. Jakatra: PT. Bina Aksara.

Borg, R.G. et al. (1979). Educational Research, an Introduction, Fifth Education. New York: Longman.

Creswell, John W and Vicki L. Plano Clark. (2007). Designing and Conducting Mixed Methodz Research. Thousand Oaks, CA: Sage.

Dey, Thomas R. (1981). Understanding Public Policy, New Jersy: Englewood Cliffs, Prentice Hall.

Dedi Supriyadi, (1997) Isu dan Agenda Pendidikan Tinggi di Indonesia, Jakarta: PT Rosda Jaya Putra

Depdiknas. (2004). Strategi Jangka Panjang Pendidikan Tinggi 2003-2010 (HELTS): Mewujudkan Perguruan Tinggi Berkualitas. Jakarta

Depdiknas. (2010). Rencana Strategi Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014. Jakarta.

Dodi Nandika Dkk (2006) Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Dirjen Dikti Depdiknas. (2004). Strategi Jangka Panjang Pendidikan Tinggi 2003-2010 (HELTS). Depdiknas.

Dirjen Dikti Surat Keputusan No.2045/D/T/2007 Tertanggal 25 Juli 2007 Tentang Kriteria Penilaian Perguruan Tinggi.

Dunn, William.(2003) Public Policy Evaluation. Beverly Hills: Sage Publication.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (2013) Pedoman Umum Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa 2013, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (2013) Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa 2013, akat. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. (2013) Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2013. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Gaspersz, Vincent (2003)Total Quality Management. Jakarta: PT Garmedia Pustaka Utama.

Huda, A.Y. (2009) Menuju Universitas Kelas Dunia Pidato Pengukuhan Guru Bedar di Universitas Negeri Malang.

Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi 1996-2005. (Onlene) Tersedia: http//www.dikti.go.id/Archive2007/kpptjp.html

Kusmastanto, Triyodo (2007) Etika Akademik Menuju World Class University Draft ETIKA Akademik Institut Pertanian Bogor.Bogor Tidak diterbitkan.

Meleong, Lexy J. (2006) Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung Remaja Rosda Karya.

R.Eko Indrajat (2006) Andi, Yogyakarta Manajemen Perguruan Tinggi Modern.

Subroro. S.W (2007) Konsep Dan Pemahaman Tentang Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Makalah Onlene.

Slamet, Margono (1994) Manajemen Mutu Terpadu dan Perguruan Tinggi Bermutu. Proyek HEDS Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, M.L. (1974). Intructional Develompment for Training Teacher of Exceptional Children. Minnesota: Indiana University.

Tim Editor (2006) Rearct University Konsep dan Model Kajian Keilmuan Dalam Pengembangan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tim Dosen Administrasi UPI (2011) Bandung, Alpabeta: Manajemen Pendidikan

Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Rianti Nugroho (2008) Yogyakarta: Kebijakan Pendidikan yang Unggul.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © IAIN Raden Intan LampungAll rights reserved.