Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual

Dedi wahyudi, Nelly Agustin

Abstract


Learning outcomes are very important for every student, parent, teacher and
school. Learning outcomes are a tool for students to gain an appreciation and a better
life. The learning result of morality is not only concerned with the cognitive aspect, but
also emphasizes the affective and psychomotor aspects. Using this naturalistic
existential-based expression model can improve student learning outcomes. Both
learning outcomes from aspects of cognitive (knowledge), affective aspects (morals) and
psychomotrik aspects (skills / skills). The intelligence of students has the potential to
improve learning outcomes. No exception on the subject Akidah Akhlak, which is in
need of understanding and implementation of the contents of teaching materials. Such
intelligence is naturalistic existential and spiritual. It is concluded that these three
intelligences are dominantly average owned by the students. When associated with
subjects of moral aqid and learning model, existential natural and spiritualistic
intelligence is very relevant to teaching materials and learning frames. It appears that
student learning outcomes are increasing with the use of this existential spiritualisticbased naturalistic learning model. Increased learning results seen from good morals
and good students in accordance with existing norms. Also seen from the results of
understanding through the evaluation of side.

Keywords


Moral, Learning Model, Naturalistic, Existential, Spiritual.

Full Text:

PDF

References


Agustini, Syukriyah, dan Nyoman Trisna Herawati. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.” JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi S1) 1, no. 1 (2013).

Anisa, Anisa. “Aplikasi Paradigma Naturalistik Fenomenologi Dalam Penelitian Arsitektur.” NALARs 9, no. 1 (2010).

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. 6 ed. Bandung: Alfabeta, 2012.

Ayu Widya Irfani. “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah 01 Sroyo, Jaten, Karanganyar.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014. http://eprints.ums.ac.id/29813/.

Bey Arifin. Mengenal Tuhan. Surabaya: Bina Ilmu, 1994.

Deddy Wahyudi. “Pembelajaran IPS Berbasis Kecerdasan Intrapersonal Interpersonal dan Eksistensial.” Journal pendidikan, 2011. http://jurnal.upi.edu/file/4-Deddy_Wahyudi.pdf.

Dharmawan, Nyoman Ari Surya. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Pada Profesionalisme Kerja Auditor.” JINAH (Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika) 2, no. 2 (2013).

Hambali, Hilmi. “Eksplorasi Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis (Naturalistik Intellegence) Dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intellegence) Siswa SMP Unismuh Makassar.” Jurnal Pendidikan Fisika 5, no. 1 (2017): 99–108.

Hazisma, L. Suhairi. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan PT Calmic Indonesia Cabang Palembang).” Orasi Bisnis 9, no. 3 (2013).

Hudori, Hudori H. “Relasi Kecerdasan Spiritual Dan Pencarian Jejak Tuhan.” SOUL 1, no. 2 (2013).

Husin, Azizah. “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kecerdasan Naturalis Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Konsep Ekosistem (Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri 4 Tangerang).” Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan 13, no. 2 (2017): 53–65.

IrzanTahar. “Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh.” Jurnal Pendidikan dan Jarak Jauh 7, no. 2 (2006): 91–101.

Kamal, Mustafa, dan Aida Mirasti Abadi. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak.” Jurnal Tunas Bangsa 1, no. 1 (2016).

Kasmali, Kasmali. “Sinergi Implementasi Antara Pendidikan Akidah Dan Akhlak Menurut Hamka.” Jurnal THEOLOGIA 26, no. 2 (2015).

Masnun, Moh. “Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2, no. 1 (2015).

Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa. Belajar dan Pembelajaran, Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. 2 ed. Jogjakarta: Ap-Ruzz Media, 2012.

Muhammad Yaumi dan Sitti Fatimah S. Sirate. “Kontruksi Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Spiritual untuk Perbaikan Karakter,” Jurnal Al-Qur’an, 20 Edisi Khusus (Desember 2014).

Mukhtar Hadi. Memahami Ilmu Tasawuf Sebuah Pengantar Ilmu Tasawuf. Yogyakarta: Aura Media, 2009.

Naniek Kohdrata. “Studi Pustaka Taman Air Kerajaan di Kabupaten Karangasem.” E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika (Journal of Tropical Agroecotechnology) 1, no. 1 (2012).

Putu Mahardika Pande. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual pada Kinerja Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Udaya (Studi Empiris Mahasiswa MAKSI dan PPAk).” Diakses 26 September 2017. http://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/1998.

Rocmah, Luluk Iffatur. “Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Bermain Messy Play terhadap Anak Usia 5-6 Tahun.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2016): 47–56.

Septiani, Shinta Tri, dan Elva Rahmah. “Peningkatan Kualitas Layanan Konten Jurnal Melalui Rebranding (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Andalas).” Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan 1, no. 1 (2012): 49–57.

Suhirman. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kecerdasan Naturalis Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Lingkungan Hidup (Studi Eksperimen Di SMPN 1 Mataram NTB).” Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan 13, no. 1 (2017): 1–15.

Sutirman. Media dan Model-Model Pembelajran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Suwan Dewi, Gusti Agung Ari, Nyoman Dantes Dantes, dan Mudjijono. “Determinasi Kecerdasan Spiritual Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecenderungan Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X Sma Bhaktiyasa Singaraja.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling 1, no. 1 (2013).

Sy, Syarifuddin, Hairunnisa Hairunnisa, dan Laila Rahmawati. “Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.” Tashwir, Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya 1, no. 2 (2014).

Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaranuntuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. 7 ed. Bandung: Alfabeta, 2009.

Totok Jumantoro dan Samsul Munir Amin. Kamus Ilmu Tasawuf. Amzah, 2005.

Yunisari, Dewi, dan Amsal Amri. “Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Di Sentra Bahan Alam Pada Paud Terpadu Dharma Wanita Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2016): 17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © IAIN Raden Intan LampungAll rights reserved.