Pengaruh Tingkat Pengetahuan Agama Terhadap Persepsi Mahasiswa Pada Gerakan Radikalisme Berbasis Agama (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

Imam Syafe'i

Abstract


Mahasiswa yang memiliki pengetahuan agama yang luas akan lebih bersifat terbuka dan lebih mudah menerima berbagai perbedaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh tingkat pengetahuan agama terhadap persepsi mahasiswa pada gerakan radikalisme berbasis agama? Sehingga tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan agama terhadap persepsi mahasiswa pada gerakan radikalisme berbasis agama. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa semester V di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel 295 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis penelitian tidak diterima, sehingga tingkat pengetahuan agama tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi mahasiswa pada gerakan radikalisme berbasis agama. Besarnya pengaruh pengetahuan agama terhadap persepsi mahasiswa pada gerakan radikalisme berbasis agama hanya 1,7% yang dikategorikan pengaruhnya sangat lemah.

Keywords


pengetahuan agama, persepsi mahasiswa, gerakan radikalisme berbasis agama

Full Text:

PDF

References


A. N. Burhani, Islam Dinamis: Menggugat Peran Agama Membongkar Doktrin yang Membatu, (Jakarta: Kompas, 2011)

Abu Rokhmad, Radikalisme Islam dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal, dalam Jurnal Walisongo Universitas Diponegoro Semarang, Volume 20 N0mor 01, Mei 2012.

Amsal Bakhtiar, Filsafat Ilmu, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)

Athian Ali M, “Mahasiswa ITB Paling Banyak Direkrut Oleh NII”. dalam http://www.antarnews.com/berita/1303802176/mahasiswa-itb-paling-banyak-direkrut-olehnii. diakses tanggal 10 April 2017

Azyumardi Azra, Menuju Masyarakat Madani: Gagasan, Fakta dan Tantangan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya Bandung, 1999)

____________, “Rekrutmen Sel Radikal di Kampus”, dalam http://cetak.kompas.com/read/ diakses tanggal 10 April 2017

Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Dirasah Islamiyah, (Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, 2003)

Bassam Tibi, Islam and the Cultural Accommodation of Social Change, Boulder, (San Fransisco, & Oxford: Westview Press, 1991)

Beverly Crawford, “Politik Identitas: Sebuah Pendekatan Kelembagaan”, dalam Jurnal Gerbang, Nomor 10, Vol. IV, Juni –Agustus 2001

Chang-You Hoon, “Mapping ‘Chinese’ Christian Schools in Indonesia: Ethnicity, Class and Religion,” dalam Journal Asia Pacific Education.

D. Kahmad, Sosiologi Agama, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1997)

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik : Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA, (Bandung : Rosda, 2008)

E. Hiariej, “Aksi dan Identitas Kolektif Gerakan Islam Radikal di Indonesia,” dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 2 Nomor 14, Tahun 2010.

Eny Effendi (Editor), Islam dan Dialog Budaya, Diterbitkan Atas Kerjasama Puspa Swara Dengan Jurnal Ilmu Dan Kebudayaan Ulumul Qur’an, Jakarta, Cet-1, 1994)

Fuad Nashori dan Rachmy Diana Mucharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam, (Yogyakarta: Menara Kudus, 2002)

Gerald O. Barney mencatat tidak kurang 48 kasus radikalisme yang ada dibelahan dunia ini yang melibatkan agama di dalamnya. Lebih lanjut lihat Gerald O. Barney, et. al, Global 2000 Revisited: What Shall We Do?: The Critical Issues of the 21th Century, (Virginia: Millennium Institute, 1993)

Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jilid I, (Jakarta: UI Press, Jakarta, 2002)

Irham, “Pesantren dan Perkembangan Politik Pendidikan Agama di Indonesia,” dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim Universitas Pendidikan Indonesia, Volume 13 Nomor 01, Tahun 2015.

James W. Fowler, Psikologi Perkembangan Islami : Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran hingga Pasca Kematian, Aliah Bahasa Purwakania Hasan, (Jakarta : Rajawali Press, 2006)

Komaruddin Hidayat, “Radikalisme Islam Menyusup ke SMU”, http://www.uin-sy.co.id., diunduh tanggal 15 April 2017

M. Yahya Harun, Perang Salib dan Pengaruh Islam di Eropa, (Yogyakarta: Penerbit Bina Usaha Yogyakarta, 1987)

Mansoor Moadded, Stuart A. Karabenick, “Relegious Fundamentalism among Youg Muslim Agyp and Saudi Arabia,” dalam Journal Social Forces, Volume 86 Nomor 4, Tahun 2008.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)

Martin E. Marty, “What is Fundamentalisme? Theological Perspective”, dalam Hans Kun dan Jurgen Moltmann (eds.), Fundamentalism as a Cumanical Challenge (London: Mac Millan, 1992)

Masooda Bano, “Madrasas as Patners in Education Provision: The South Asian Experience,” dalam Journal Development in Practice, Volume 20 Nomor 4/5, Tahun 2010.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi (ed), Metode Penelitian Survai, (Jakarta: LP3ES, 1989)

R. Stark dan C.Y.Glock, “Dimensi-dimensi Keberagamaan”, dalam Roland Robertson (ed.), Agama : Dalam Analisa Dan Interpretasi Sosiologis, terj. Achmad Fedyani Saifuddin, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995)

Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurahman, Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, (Bandung: Pustaka Setia, 2007)

Sidi Gazalba, Sistematika Filsafat, (Jakarta: Bulan Bintang, 1992)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008)

Utawijaya Kusuma, “Peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Tumbuhnya Radikalisme Berbasis Agama,” dalam http://www.utawijayakususma.com. Diakses tanggal 15 April 2017

Wilner., A, Ph.D & Dubouloz., C-J, Ph.D, Homegrown Terrorism and Transformative Learning: An Interdisciplinary Approach to Understanding Radicalization (Ottawa: Canadian Political Science Association Conference, 2009)

Yue Sum Sharon Lai dan Kaili Chen Zhang, “A Comparison in Inclusive Practices for Children with Special Needs in Faith-Based Kindergartens in Hong Kong,” dalam Journal Relig Health 53, 2013.

Zunly Nadia, “Akar-akar Radikalisme Islam dalam Tafsir Fi Zilal al-Qur’an Karya Sayyid Quth”, dalam Mukaddimah, 18 (2), 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © IAIN Raden Intan LampungAll rights reserved.