IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KARAKTER DI SDIT KOTA JAMBI

Umil Muhsinin, Kholid Musyaddad, Fauzan Azim

Abstract


Tujuan dari penulisan ini Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Karakter Di Sdit Kota Jambi untuk meningkatkan keseimbangan antara kompetensi spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Salah satu caranya dengan menerapkan pembelajaran tematik integratif di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran tematik integratif di SDIT Kota Jambi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis dengan analisis data model Hiles dan Huberman. Uji keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran tematik integratif pada tahap persiapan, proses pembelajaran, dan penilaian. Kesimpulan penulisan ini : (a) Perencanaan pembelajaran tematik berbasis karakter di SDIT Kota Jambi sudah menunjukkan adanya pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik, yang didukung dengan adanya pengintegrasian kurikulum keterpaduan di SDIT Kota Jambi; (b) Pelaksanaan pembelajaran tematik tidak berjalan sesuai dengan perencanaan, namun tidak menghilangkan tujuan pembelajaran dan pengintegrasian nilai karakter, dikarenakan hari aktif yang berlaku di SDIT Kota Jambi hanya lima hari; dan (c) Penilaian pembelajaran tematik di SDIT Kota Jambi dilakukan dengan menggunakan penilaian autentik.


Keywords


Tematik integratif, karakter

Full Text:

PDF

References


Bahri, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Dwi, S. (2007). Menulis Ilmiah Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hikmawati, K. (2018). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Karakter Religius Dan Peduli Sosial Di Kelas IV SD Pusmalang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5.

Kemendikbud. (2013). Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoirida, M. . (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kompas. (20015). www.edukasi.kompas.com. In 25/11/2015.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik integratif Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Marzuki. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1).

Miles dan Huberman. (1992). Qualitative Data Analisis, Terj Rosidi T.R. Jakarta: UI Press.

Robingatin. (2015). Implementasi Kurikulm Jaringan Islam Terpadu di SMP IT. Jurnal Syamil, 3(1).

Sabri, A. (2007). Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tri Karyani, L. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Dengan Pendekatan Scientific Pada Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Unggulan Di Kabupaten Purweroje. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 6(8), 756–760.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Zuchdi, D. (2012). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.