KONSTRUKSI PENDIDIKAN MORAL DALAM FILM BILAL BIN RABAH A NEW BREED OF HERO KARYA AYMAN JAMAL

Musdalifatul Makkiyah, Akmal Mundiri

Abstract


Pendidikan moral merupakan pendidikan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan yang baik. Kehancuran negara dapat terjadi karena hancurnya moral beberapa warganya. Oleh karena itu, konstruksi pendidikan moral telah dijelaskan pada hadist Nabi Muhammad yang membahas tentang penyempurnaan akhlak manusia. Pendidikan moral banyak terdapat dalam film yang tidak hanya berperan sebagai hiburan, namun berpotensi sebagai media edukasi yang mampu mempengaruhi perilaku seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan moral yang terdapat dalam film Bilal A New Breed Of Hero. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai moral yang terdapat pada film Bilal A New Breed Of Hero yaitu nilai religius, toleransi, disiplin, rasa ingin tahu, dan peduli sosial yang ditujukan bagi generasi muda agar selalu semangat menggapai cita-cita kehidupan yang lebih baik demi bangsa dan negara. Dengan demikian, pendidikan moral dalam film Bilal A New Breed Of Hero mengandung nilai-nilai moral dalam berbagai sisi kehidupan melalui tanda-tanda baik visual maupun verbal dalam masing-masing ceritanya.


Keywords


Konstruksi, Pendidikan Moral, Film.

Full Text:

PDF

References


Al-Attas, S. M. (1984). Konsep Pendidikan dalam Islam, ter. Haidar Bagir. Bandung: Mizan.

Al-Ghazali, M. (1990). Al-Janibu Al-Athifi min Al-Islam. Mesir: Dar Al-Dakwah.

Arifin, Z. (2011). Pendidikan Moral Dalam Multi Perspektif . Sosial Budaya Volume. 8, Nomer. 01 januari-Juni , 11.

Azami, Komarullah. 2014. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Surat Al-Mujadalah Ayat 11. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Basirudin. (2010). Nilai-nilai Moral Dalam Film Serial Kartun Upin Dan Ipin. Purwokerto: STAIN.

Bertens, K. (2007). Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Brubacher, J. S. (1958). Modern Filoshofis of Education in Cultural Perspektive. New York: The Dryden Press.

Durkheim, E. (1990). Pendidikan Moral, Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan, alih bahasa : Lukas Ginting. Jakarta: Erlangga.

Fawaid, A. (2016). Sumbangsih Pendidikan Islam dalam Pembentukan Generasi Eksistensialis. At-Turas Volume. 3. Nomer. 1. Januari-Juni , 9.

Gunadi, R. A. (2013). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini di Sekolah Raudhatul Athfal (RA. Habibillah). Ilmiyah WIDYA Volume. 1, Nomer. 2 Juli-Agustus , 2-3.

Mundiri, A. (2015). Kometmen Organisasional Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pesantren. Pendidikan Pedagogik Volume. 03. Nomer. 01. ember , 6-7.

Musthan, Z. (2015). Model Pembelajaran PAI Berbasis TIK Yang Valid dan Efektif Pada SMAN 4 Kendari. Jurnal Of EST Volume. 1, Nomer Juni , 88.

N, S. (1992). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdiana.

Nata, A. (2017). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali Pers.

Nisa, Ishmatun. (2012) Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Film Jokowi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sahide, A. (2010). Kebebasan dan Moralitas. Yogyakarta: PAS.

Sujana, N. (1995). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Surur, M. (2010). Problematika Pendidikan Moral di Sekolah dan Upaya Pemecahannya. Fikroh Volume. 4. Nomer. 2. Januari , 2.

Wahid, A. H. (2018). Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak Volume. 4, Nomer. 01 Juni , 2.

Ya'kub, H. (1996). Etika Islam. Bandung: Diponegoro.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Kerangka dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Zubair, A. C. (1980). Kuliah Etika. Jakarta: Rajawali Pers.

Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral Dalam Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.