PENERAPAN KURIKULUM ISMUBA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA SMP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN

https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4558

Astuti Budi Handayani, Hendro Widodo, Waluyo Erry Wahyudi

Abstract


Penelitian ini memaparkan tentang penerapan kurikulum ismuba untuk pembentukan karakter islami pada siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan, dimana terjadinya degradasi moral pada siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa penerapan kurikulum ismuba dalam pembentukan karakter islami pada siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan. Sedangkan, metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mengungkapkan berbagai kondisi yang ditemukan di lapangan yang berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum ismuba di SMP Muhammadiyah Banguntapan. Sumber data terdiri dari sumber primer dan sekunder, yaitu kepala sekolah, pengembang kurikulum, dokumen kurikulum ismuba, dokumen kurikulum SMP Muhammadiyah Banguntapan, serta dokumen-dokumen yang terkait denga kurikulum sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum ismuba untuk membentuk karakter islami pada siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan sudah berjalan sesuai dengan rencana, dan menjadi pembiasaan di SMP Muhammadiyah Banguntapan, sehingga sedikit demi sedikit karakter islami pada siswa mulai terbentuk. Akan tetapi memang tidak dipungkiri ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya, di antaranya belum semua guru selain guru ismuba terlibat langsung dalam pembiasaan program-program ismuba.


Keywords


Degradasi moral, kurikulum ismuba, pendidikan karakter.

Full Text:

PDF

References


Akhwan, M. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67.

Andriani, S., Suyitno, H., & Junaidi, I. (2019). The Application of Differential Equation of Verhulst Population Model on Estimation of Bandar Lampung Population. Journal of Physics: Conference Series, 1155, 012017.

Anggoro, B. S., Efendi, H., & Suherman, S. (2019). The Impact Of Ethnomathematics-Based Probing-Prompting Learning Method On Class IX SMP Negeri 2 Way Tenong Students’mathematical Communication Skills Year 2016/2017. Asian Journal of Current Research, 1–8.

Damayanti, E., Septuri, S., & Suherman, S. (2019). Pengetahuan Deklaratif Siswa Tunanetra Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(2), 173–173.

Efendi, M. (2017). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN PADA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH VI PALEMBANG. Conciencia, 17(1), 27–39.

Fahrudin, F. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(4).

Farida, F., Suherman, S., & Zulfikar, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Matematika dengan Media Articulate Studio’13. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 20–28.

Gumanti, A. A. M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Musik Klasik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 393–399.

Hamidah, K., & Suherman, S. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di tinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231–248.

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-Prompting Based On Ethnomathematics Learning Model: The Effect On Mathematical Communication Skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814.

Huda, A. N. (2018). Evaluasi Kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab Berbasis Integratif-Holistic di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Tarbiyatuna, 9(2).

Huda, S., Rinaldi, A., Suherman, S., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetiyo, A. E. (2019). Understanding of Mathematical Concepts in the Linear Equation with Two Variables: Impact of E-Learning and Blended Learning Using Google Classroom. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270.

Islam, S. (2017). Karakteristik pendidikan karakter; menjawab tantangan multidimensional melalui implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Edureligia, 1(2), 89–100.

Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280–289.

Kamandoko, K., & Suherman, S. (2017). Profil Intuisi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 5(1), 1–8.

Komarudin, K. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi peluang berdasarkan high order thinking dan pemberian scaffolding. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 202–217.

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–36.

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94.

Muhammadiyah, M. D. P. (2007). Standar Isi dan Kompentensi Lulusan Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Jakarta: Majelis Dikdasmen PP. Muhammadiyah.

Nuriyanto, L. K. (2014). Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT al-Anwar dan Firdaus Mojokerto Jawa Timur. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 12(1).

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.

Rizqi, A., Parmin, P., & Nurhayati, S. (2013). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berkarakter Tema Pemanasan Global untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1).

Rodiawati, H., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan e-learning melalui modul interaktif berbasis learning content development system. Jurnal Tatsqif, 16(2), 172–185.

Rumapea, M. E. (2014). Kurikulum 2013 yang Berkarakter. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 5(2).

Sugiono. (2007). Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 309–322.

Tantowi, T. R., & Widodo, H. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM ISMUBA SD MUHAMMADIYAH KALISOKA SENTOLO KULONPROGO DIY. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 54–63.

Utami, R. D. (2016). Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 32–40.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165–172.

Wardoyo, S. M. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Menuju Generasi Emas 2045 Yang Religius. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 90–103.

Widayanti, F. E. (2019). IMPLEMENTASI KURIKULUM ISMUBA DI MI UNGGULAN MUHAMMADIYAH LEMAHDADI. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 69–79.

Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Bransford dan Stein ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Yunianto, T., Negara, H. S., & SUuherman, S. (2019). FLIP BUILDER: PENGEMBANGANNYA PADA MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–127.




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4558

Article Metrics

Abstract views : 153 | PDF downloads : 97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.